Agus Pemain Band, Ahok Komedian, Anies Motivator

josstoday.com

3 Pasangan Cagub-Cawagub DKI dalam acara debat Pilkada DKI Jakarta 2017 di Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (13/1/2017).

JOSSTODAY.COM - Sosiolog Hikmat Budiman memberikan penilaian atas penampilan 3 calon Gubernur DKI Jakarta dalam acara debat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017, di Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (13/1/2017) malam.

Dimulai dari Cagub DKI nomor urut 1 Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Menurut Hikmat, Agus seperti personel band. "Kalau kita lihat paslon satu memang seperti pemain band, di panggungnya gitu, ke sana kemari. Nomor satu banyak bergerak, stage act-nya diatur betul," kata Hikmat dalam diskusi bertema "Dinamika Pilgub Pasca-Debat Kandidat" di Gedung Widya Graha LIPI, Jakarta, Kamis (19/1/2017).

Hikmat lantas menilai penampilan Ahok yang menurutnya seperti seorang komedian. Alasannya, Ahok tidak banyak bergerak saat menyampaikan program-programnya dalam debat. "Kalau yang tidak punya gaya sebetulnya Ahok. Garing sebetulnya kalau nonton (lalu) di-mute televisinya, kayak stand up comedy," cetus Hikmat.

Beralih ke calon Gubernur DKI Jakarta lainnya, yakni Anies Baswedan. Disebutkan Hikmat, gaya bicara Anies dalam debat sangat berbeda dengan gaya bicara seperti saat masih menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

"Ada beberapa perbedaan gaya Anies saat debat Pilkada dengan sewaktu beliau masih jadi menteri. Intonasinya maksud saya. Anies lebih mirip Mario Teguh. Dulu punya style sendiri," ujar Hikmat, dalam diskusi bertajuk "Dinamika Pilgub Pasca-Debat Kandidat" di Gedung Widya Graha LIPI, Jakarta, Kamis (19/1/2017).

Anies beberapa kali berbicara seperti motivator. Hikmat lantas mendorong Anies bisa kembali memunculkan gaya bicaranya yang khas pada dua debat selanjutnya. "Anies sebetulnya punya style sendiri yang bagus. Kenapa harus bergaya seperti motivator?" tanya Hikmat.

Seperti diektahui, KPU DKI Jakarta menyelenggarakan tiga kali debat Pilkada DKI 2017. Debat pertama telah berlangsung pada 13 Januari 2017. Sementara dua debat selanjutnya dijadwalkan berlangsung pada 23 Januari 2017 dan 10 Februari 2017.(jos)

Pilkada DKI Jakarta 2017 Debat Cagub-Cawagub DKI Sosiolog Hikmat Budiman