Cina Instruksikan 111 Lapangan Golf Ditutup

josstoday.com

Ilustrasi.

JOSSTODAY.COM - Pemerintah Cina menginstruksikan penutupan terhadap 1/6 lapangan golf yang ada di negaranya sejak 2011. Partai Komunis Cina memiliki hubungan ambivalen dengan golf. Otoritas setempat mendapat keuntungan dari menjual lahan untuk lapangan golf.

Namun, olahraga itu dianggap sebagai tempat untuk membuat kontrak tidak jelas antara kalangan elite dan pejabat. Otoritas pusat memerintahkan penutupan lapangan golf di seluruh negeri pada 2004, yang diabaikan oleh banyak pihak.

"Sejak penindakan keras baru diluncurkan pada 2011, sebanyak 111 dari 683 lapangan golf Cina diperintahkan untut ditutup. Sejumlah operator secara sukarela menutup 11 lapangan lainnya," kata Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional (National Development and Reform Commission/NDRC) dalam sebuah pernyataan di situsnya yang dikutip dari AFP, Senin (23/1/2017).

Lapangan golf dikritik karena menggunakan lahan garapan atau cagar alam secara ilegal, mengekstrak air tanah di area terlarang dan pelanggaran lainnya. NDRC memerintahkan 18 lapangan lain untuk mengembalikan lahan yang diduduki secara ilegal, serta 47 lainnya untuk menghentikan pembangunan lebih lanjut.(far)

Cina Lapangan Golf Olahraga Golf