Radiasi Nuklir di Jepang Rusak Robot

josstoday.com

Reaktor Fukushima, Jepang.(Reuters)

JOSSTODAY.COM - Radiasi reaksi di pembangkit nuklir Fukushima, Jepang mencapai rekor tertinggi, bahkan sampai bisa membuat robot rusak. Diperkirakan, level radiasi di reaktor Nomor 2 mencapai 530 sieverts per jam di satu lokasi setelah menganalisis gambar dari kamera yang memeriksa titik terdalam di reaktor.

Meski dengan menghitung margin kesalahan sebesar 30%, level radiasi itu masih lebih tinggi dibandingkan dengan rekor sebelumnya, yaitu 73 sieverts per jam yang dideteksi oleh sensor pada 2012, namun di satu titik kedalamannya tidak sama.

"Paparan radiasi di level 530 sieverts per jam akan membuat robot kamera pemeriksaan yang akan dibuat TEPCO mati dalam waktu di bawah dua jam," kata Tokyo Electric Power Co (TEPCO) seperti dikutip dari AFP.

Namun, TEPCO mengatakan bahwa bacaan yang tinggi tersebut berfokus pada satu titik saja, dengan level yang diperkirakan lebih rendah di titik lain yang terekam kamera. Rencana pemeriksaan robot itu tidak akan menambah kerusakan, karena robotnya tidak akan diam terlalu lama di satu titik.(far)

Radiasi Nuklir Reaktor Fukushima Jepang