Saudara Kim Jong-Un Dibunuh di Malaysia

josstoday.com

Kim Jong-Nam.

JOSSTODAY.COM - Saudara tiri pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un dilaporkan telah dibunuh di Malaysia. Adalah Kim Jong-Nam yang merupakan kakak tiri Kim Jong-Nam, dan selama ini tinggal terasing di luar negeri.

"Pemerintah kami yakin bahwa pria yang terbunuh adalah Kim Jong-Nam," kata uru bicara Kementerian Unifikasi Seoul yang menangani urusan antarKorea, Chung Joon-Hee seperti dilansir AFP.

Sementara menurut laporan Reuters, kepolisian Malaysia membenarkan ada seorang warga negara Korut yang tewas dalam perjalanan ke rumah sakit dari Bandara Kuala Lumpur. Kepala Kepolisian Distrik Sepang, Abdul Azis mengatakan, identitas pria tersebut belum dapat dipastikan.

Seorang pegawai di Rumah Sakit Putrajaya mengungkapkan bahwa pria yang terbunuh itu berusia 70 tahun dan mempunyai nama depan Kim. Stasiun televisi Korea Selatan, Chosun melaporkan, Kim diracun di Kuala Lumpur oleh dua perempuan, diyakini sebagai agen Korut yang kini buron.

Sementara sumber di pemerintahan Korea Selatan yang berbicara kepada Reuters tidak menjelaskan lebih jauh mengenai dugaan tersebut. Kementerian Luar Negeri Korea Selatan menyatakan belum bisa mengonfirmasi laporan tersebut, sementara badan intelijen belum bisa dihubungi untuk dimintai komentar. Pada 2001, Kim Jong-nam sempat ditangkap di sebuah bandara di Jepang karena bepergian menggunakan paspor palsu.(far)

Kim Jong-Un Kim Jong-Nam Pemimpin Korea Utara