Android Terus Berkembang, BlackBerry & Windows Semakin Ditinggalkan

josstoday.com

Data market share sistem operasi mobile per kuartal keempat 2016.

JOSSTODAY.COM - Menilik tahun 2011, persaingan sistem operasi mobile sangatlah sengit. Saat itu BlackBerry menjadi kampiun dalam market share, dan Android serta Windows Phone mulai menggeliat.

Saat ini peta persaingan telah berubah, dan IDC (International Data Corporation) yang merupakan peneliti pasar Amerika Serikat dalam bidang teknologi informasi memiliki datanya.

Data tersebut menyimpulkan bahwa sistem operasi BlackBerry bisa dikatakan sudah ditinggalkan pengguna, disusul oleh Windows Phone.

Melihat data pada kuartal keempat 2016, Android memiliki persentase 81,7% dalam pasar sistem operasi mobile. Angkanya tumbuh 1% dibandingkan tahun 2015. Pesaing kuatnya adalah iOS yang juga mengalami peningkatan. Sementara itu BlackBerry mengalami penurunan sebesar 0,2%, dan secara efektif di penghujung 2016 market share-nya menjadi 0%. Penurunan signifikan juga dialami oleh Windows Phone, sebesar 0,8%.

Dari data tersebut terlihat bahwa BlackBerry dan Windows Phone sudah sekarat. Sistem operasi lain pun juga mengalami penurunan. Bisa dibilang hanya 2 sistem operasi yang kukuh, yakni Android dan iOS.

Tampaknya era persaingan sistem operasi mobile sudah semakin mengerucut, dan konsumen tidak memiliki opsi lain untuk memilih. Apakah peta persaingan dapat berubah? Bisa saja terjadi, namun sepertinya jika ada sistem operasi baru, ia harus bersaing sengit dengan Android. Tapi bukan hal mustahil, mengingat di tahun 2011 Android merupakan sistem operasi baru dan perlahan mampu menggeser BlackBerry. Hal yang sama bisa terjadi pada Android di beberapa waktu ke depan. (lif)

android blackberry windowsphone sistemoperasi