Cina Tunda Pengoperasian Reaktor Nuklir

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Cina menunda pengoperasian dua reaktor nuklir yang dibangun di Kota Taishan, Cina selatan, beberapa bulan ke depan. Adapun proyek tersebut digarap oleh China General Nuclear Power (CGN) bersama dengan Prancis EDF.

"Taishan Nuclear baru-baru ini melakukan evaluasi komprehensif mengenai rencana konstruksi dan risiko terkait. Setelah melakukan pertimbangan, kami memutuskan untuk mengatur ulang rencana konstruksi proyek Taishan," demikian pernyataan CGN kepada bursa efek Hong Kong yang dilansir AFP, Rabu (22/2/2017).

Kedua reaktor merupakan tipe Reaktor Bertekanan Eropa (EPR) generasi ketiga yang belum dicoba di belahan dunia mana pun. Pengoperasian reaktor tersebut juga mengalami penundaan pada 2016.

Inggris pada September tahun lalu memberikan izin kepada EDF dan CGN untuk membangun reaktor serupa di Hinkley Point setelah perdebatan sengit terkait keterlibatan Cina. Setelah penundaan EPR di Finlandia dan Prancis, kedua reaktor di Cina akan menjadi reaktor EPR pertama yang beroperasi.(far)

Cina Reaktor Nuklir Reaktor Bertekanan Eropa (EPR) Kota Taishan