Australia Kejar Asian Games 2022

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Australia serius mengurus persetujuan dari Komite Olimpiade Asia (OCA), untuk bisa berperan serta dalam gelaran Asian Games. Australia adalah anggota dari Federasi Olimpiade Oseania. Tapi, mereka mengirimkan 30 atlet menuju Asian Winter Games di Jepang sebagai kontingen tamu setelah mendapatkan undangan dari OCA.

Kini, Australia sudah terlambat untuk bisa tampil di Asian Games 2018 Indonesia. Sehingga mereka mengejar keikutsertaan pada Asian Games 2022 Cina. Australia akan mengajukan permohonan dalam pertemuan OCA pada September mendatang.

"Diskusi sedang berjalan dan saya yakin anggota olahraga kami akan sangat tertarik untuk bergabung di Asian Games. Terutama pada cabang senam, badminton dan tenis meja yang menjadi kekuatan Asia. Saya yakin, berpartisipasi di Asian Games akan sangat baik buat kami," Presiden Komite Olimpiade Australia (AOC) John Coates kepada News Ltd.

Asian Games merupakan multieven olahraga terbesar di Asia, dengan diikuti 45 negara anggota OCA. Saat ini, Australia berpartisipasi di Commonwealth Games dan akan menjadi tuan rumah pada 2018. Mereka menganggap persaingan di Asia melawan Cina, Jepang dan Korea Selatan akan sangat berguna buat peningkatan prestasi atletnya.

Pada 2006, sepakbola Australia memutuskan untuk hengkang dari zona Oseania dan bergabung dengan zona Asia di bawah AFC. "Socceroos" berhasil lolos ke Piala Dunia 2010 dan 2014 lewat kualifikasi zona Asia dan menjadi tuan rumah Piala Asia 2015.(far)

Australia Asian Games Komite Olimpiade Asia (OCA) Federasi Olimpiade Oseania