Kampoeng Dolanan Surabaya Sambang Kampoeng ke Rembang, Jawa Tengah

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Rembang, Hari ini (19/7) berlokasi di desa dorokandang yang konon katanya merupakan lokalisasi di kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah sedang ada pelatihan keterampilan untuk PSK dan mucikari sebagai langkah awal untuk alih profesi yang dilaksanakan oleh dinas sosial kabupaten rembang. Pelatihan ini berlokasi di gedung kelurahan dorokandang dan kampoeng dolanan hadir pula disana untuk mengajak anak-anak bermain permainan tradisional.

Ular tangga raksasa dan tali karet dimainkan oleh anak-anak yang ada di kawasan dorokandang. Anak-anak masih malu-malu untuk bermain permainan tradisional ini, justru mereka bermain bebas dan lepas ketika dipantau dari jauh. Satu demi satu, anak-anak mulai berdatangan untuk ikut bermain permainan tradisional. Mulai dari anak-anak usia SD hingga usia SMP turut serta dalam permainan tradisional ini.

Pada permainan ular tangga ini adalah permainan tradisionalyang ada unsur edukasinya dimana pion dari ular tangga raksasa ini adalah anak-anak yang bermain dan harus menginjakkan kaki pada setiap lajur kotak yang telah disiapkan. Jumlah kotak pada ular tangga ini, ada pertanyaan dan tantangan yang harus diselesaikan ketika peserta berada pada kotak tertentu. Tak hanya itu, pada kotak menurun terselip pesan alasan kenapa dia turun. Pun sama saat berada di kotak yang naik ke atas.

Sedangkan untuk permainan tali karet, ternyata anak-anak di rembang jauh lebih kreatif yakni memanfaatkan situasi dan kondisi yang ada di lokasi sekitar untuk bermain. Misalnya menggunakan kayu untuk dijadikan alat pengganti orang jaga dan tali karet dimainkan secara berputar dimana saat tali beprutar ada anak yang masuk di dalam tali tersebut.

Saat bermain permainan tradisional tanpa alat, ada yang memainkan engkle dan saling bercerita bagaimana engkle di rembang dengan engkel di Surabaya. Ternyata hampir sama cara bermain, misalnya bermain engkle gunung. Bentuknya sama dan cara mainnya juga sama. Inilah menariknya permainan tradisional, lokasinya berbeda jauh namun dari sisi permainan tradisional ada kemiripan dalam hal bermain padahal dulu tidak ada internet yang mampu digunakan untuk mencari informasi secara cepat. (mus/irf)

Kampoeng Dolanan Surabaya Kampoeng Dolanan