Prediksi Meleset, Tanggal 2 Bukan Puncak Arus Balik di DAOP VIII Surabaya

josstoday.com

Para penumpang kereta api Mutiara Selata tujuan Bandung saat melakukan chek ini di Stasiun Gubeng, Surabaya, Minggu (2/7/2017). (josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - Prediksi PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) VIII Surabaya untuk masa arus balik libur lebaran 2017 meleset. 

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko, mengatakan jika ada beberapa faktor yang menyebabkan melesetnya prediksi arus balik. 

"Kemungkinan, volume penumpang menyebar, tidak terfokus pada satu tanggal tertentu. Ini menyebar sampai berkahirnya masa libur lebaran sampai 11 Juli 2017, karena ada juga yang libur sekolah dan libur kerja," ungkapnya saat ditemui di Stasiun Gubeng, Surabaya, Minggu (2/7/2017).

Dari data yang ia kumpulkan sejak hari H hingga H+6 hari ini. Puncak arus balik sementara terjadi pada H+2 yang mencapai 39.927 penumpang. Kemudian sejak H+3 - H+6 terjadi penurunan penumpang. 

Hasil tersebut berbanding terbalik dengan penumpang yang turun di stasiun Daop VIII Surabaya, yang sudah mencapai 42.000 penumpang. Di mana, dari data-data ini banyak penumpang yang datang maupun pergi ke Jakarta, Bandung, dan DI Yogyakarta. (ais)

Arus Balik Lebaran Liburan Kereta Api PT KAI DAOP VIII Surabaya