Nurwiyatno Daftar di DPD Demokrat Jatim

josstoday.com

Kepala Inspektora Provinsi Jawa Timur, Nurwiyatno (tengah, saat diantar pendukungnya mendaftar di Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat (PD) Jatim, Minggu (16/7/2017). (josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM – Kepala Inspektorat Provinsi Jawa Timur, Nurwiyatno, secara resmi mendaftar di Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat (PD) Jatim, Minggu (16/7/2017).

Menggunakan mobil Jeep terbuka, lelaki yang kerap disapa Cak Nur itu diantar oleh ratusannya untuk melakukan pendaftaran. Selain menggunakan mobil Jeep, Cak Nur juga diiringi oleh penampilan teatrikal tentang masa penjajahan, tari-tarian, dan musik patrol yang berakhir hingga depan kantor DPD PD Jatim.

Setibanya di lokasi, Cak Nur disambut oleh Sekretaris DPD PD Jatim, Renville Antonio, Ketua Pendaftaran Bakal Calon, Ir. Maskur, dan Sekretaris Pendaftaran, Kuswanto.

Dalam pendaftaran tersebut, mantan Pj Walikota Surabaya itu tidak menentukan pilihan apakaha akan maju sebagai Bakal Calon Gubernur (Bacagub) atau Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacawagub).

“Saya tidak bisa menentukan, karena yang tau situasi politik ada di parpol. Sejauh mana survey saya nanti, saya serahkan semua kepada partai mau dicalonkan sebagai apa nanti,” ungkap Cak Nur.

Keinginan tersebut ia sampaikan karena ingin melanjutkan perjuangan dan program dari Gubernur Jatim saat ini, Soekarwo, yang dinilai berhasil membawa Jatim lebih baik. Apalagi, dengan pengalamannya sebagai birokrat selama 34 tahun sudah pantas jika ikut berjuang memajukan Jatim.

Namun, bukan perkara mudah untuk bisa memenangkan hati PD untuk memberi dukungan kepada Cak Nur. Sebab, saat ini sudah ada dua nama besar yang mendaftar yakni Saifullah Yusuf (Wagub Jatim), dan Nurhayati Ali Assegaf (Waketum DPP PD).

Meski sudah ada dua nama besar, Cak Nur tetap optimis bisa mendapatkan dukungan untuk mewujudkan harapannya. Apalagi beberapa orang yang menjadi bagian dari DPD PD Jatim merupakan anggotanya di PA GMNI Jatim. “Hampir semua temen di Demokrat ini anggota GMNI juga, jadi saya berterima kasih karena sudah diberi kesempatan untuk mendaftar,” ungkapnya.

Sementara itu, karena masih ada waktu yang cukup panjang. Hingga saat ini ia masih belum melepaskan jabatannya sebagai Kepala Inspektorat Provinsi Jatim. “Saat ini menurut aturan itu belum, itu setelah saya ditetapkan atau mendaftar ke KPU oleh Partai Demokrat baru saya mengundurkan diri,” jelasnya.

Sekretaris DPD PD Jatim, Renville Antonio, mengatakan nantinya nama-nama yang sudah ada ini akan segera dipertemukan dengan seluruh ketua DPC yang ada di Jatim baru akan disampaikan ke DPP.

“Setelah (proses pendaftaran) ini, para calon yang sudah mendaftar akan kami undang bersama-sama dihadapan Ketua DPC dan DPD, untuk bisa saling mengenal lebih dekat dengan calon,” katanya.

Namun, ia mengatakan semua keputusan terkait penentuan Bacagub – Bacawagub semuanya ada di tangan DPP. (ais)

Pilgub Jatim 2018 Partai Demokrat Nurwiyatno