Indonesia Takluk 0-3 Atas Jepang

josstoday.com

Pebola voli Jepang, Dekita Takashi (putih), saat melakukan spike keras ke area permainan Indonesia dalam babak delapan besar The 19th Senior Men's Volleyball Championship 2017 di GOR Tri Dharma, Gresik, Sabtu (29/7/2017). (josstoday.com: Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM – Indonesia babak belur dalam babak perdelapan final The 19th Asian Senior Men’s Volleyball Championship 2017 Grup E. Setelah kalah dari Korea, dan Kazakhstan, kali ini Indonesia menyerah dari Jepang dengan skor 0-3 (23-25, 15-25, 12-25) di GOR Tri Dharma, Gresik, Sabtu (29/7/2017).

Berdasar hasil evaluasi tim pelatih Indonesia di pertandingan sebelumnya, tuan rumah bermain dengan komposisi yang berbeda. Kali ini, Sigit Ardian dan Rivan Nur Mulki yang biasanya menjadi pemain inti diganti oleh Agung Seganti dan Huda Ramzil.

Strategi tersebut pun berjalan baik, keduanya bisa menutupi kekurangan Indonesia di bola pertama. Hal itu membuat Aji Maulana sebagai toser mampu memberikan bola yang baik kepada pemain lain, untuk mencetak angka. Bahkan, Indonesia beberapa kali memimpin perolehan angka hingga interval kedua 16-15. Namun, karena tidak tenang Hernanda Zulfi beberapa kali melakukan service yang tidak sempurna. Hal itu dimanfaatkan Jepang yang sukses memenangkan set pertama.

Komposisi tersebut dipertahankan pelatih Samsul Jais hingga pertengahan set kedua. Namun, kini Jepang tampil solid dengan pertahanan yang kuat tak mampu ditembus Agung Seganti dkk. Indonesia menyerah dengan skor 15-25.

Memasuki set penentuan, Indonesia merubah strategi dengan memasukkan Sigit dan Rivan yang mengganti Agung dan Huda. Namun, perubahan tersebut tak memberi banyak kontribusi bagi tim. Beberapa kali, terlihat kesalahan menerima bola pertama serta banyak melakukan kesalahan spike yang banyak keluar garis lapangan. Hal itu mempermudah Jepang untuk cepat menyelesaikan pertandingan dengan skor 12-25.

Samsul Jais mengatakan, jika ada banyak faktor yang menyebabkan Indonesia harus takluk 0-3. Mulai dari kesalahan menerima bola pertama, serta faktor konsentrasi yang terpecah akibat selisih angka yang jauh. “ Selain itu, kepercayaan diri kita menurun. Daya juang kita juga kurang sekali,” katanya usai pertandingan.

Namun, hal itu menjadi positif bagi timnya untuk bisa melatih mental pemain yang mendapat presure suporter Indonesia yang memenuhi tribun. “Saya harap besok penontonnya bisa lebih banyak lagi, untuk melihat bagaimana pemain kita jika mendapat presure dari penonton” harapnya.

Sementara itu, pelatih Jepang, Nakagaichi Yuichi, mengaku jika timnya menang mudah karena Indonesia tampil tidak maksimal seperti yang ia ketahui. “Mereka memiliki masalah di konsentrasi dan kepercayaan diri mereka sangat kurang. Dan itu membuat Jepang bisa menang mudah,” ungkapnya.

Dengan hasil ini, Indonesia menempati posisi empat Grup E dibawah Korea, Jepang, dan Kazakhstan. Namun, tim Garuda masih memiliki harapan untuk lolos ke babak semifinal jika bisa memenangkan pertandingan terkahir melawan pemuncak Grup F Iran di GOR Tri Dharma, Gresik, Minggu (30/7/2017). (ais)

Kejuaraan Asia Bola Voli Timnas Indonesia Jepang