Tak Berbentuk PT, CLS Mundur Dari IBL

josstoday.com

Pemain-pemain CLS Knight. (josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM – CLS Knight Surabaya dipastikan tidak akan mengikuti kompetisi tertinggi basket Indonesian Basketball League (IBL).

Hal itu dipastikan setelah adanya satu persyaratan di IBL yang mewajibkan seluruh kontestan yang ikut harus berbentuk PT (Perseroan Terbatas). CLS saat ini masih berbentuk yayasan yang dikelola oleh banyak orang.

“Kita gak bisa merubah itu. Kenapa gak bisa? Karena yayasan kita ini sudah 70 tahun dan dimiliki banyak orang,” ungkap Managing Partner CLS Knight, Christopher Tanuwidjaja, dalam vidio wawancara di channel Youtube @rockypadila, Kamis (3/8/2017).

CLS sendiri masih memiliki peluang untuk bisa mengikuti kompetisi tersebut tanpa merubah statusnya sebagai yayasan. Hanya saja, ada syarat khusus yang harus dipenuhi yakni membayar uang sebesar Rp 250 juta.

Peraturan ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2016. Namun, saat itu pihak IBL belum menetapkan denda kepada klub yang tidak berbentuk PT.

“Kami mengerti, IBL mungkin punya arah sendiri bagaimana membawa liga ini kedepan,” katanya.

CLS sendiri sudah memastikan ketidak ikut sertaannya dalam IBL dalam surat  yang dibuat pada 26 Juli 2017 yang berisikan "Setelah mempelajari peraturan pelaksanaan IBL yang terbaru, yang telah kami terima per tanggal 25 Juli 2017 via email dari admin liga IBL, bersama ini kami dengan berberat hati menyatakan tidak dapat melanjutkan keikut-sertaan kami di IBL."  

Sementara itu, meskipun dipastikan tidak akan ikut IBL para pemain masih mengikuti program latihan yang diberikan oleh tim pelatih.

Namun, hingga saat ini pihak manajemen CLS belum bisa memastikan terkait nasib pemain yang ada di tim. “Pertama kita akan ajak bicara pemain dan official tim, kira-kira mereka maunya apasih. Mereka, kalau main di IBL lagi silahkan kita tidak akan persulit, tinggal cari tim saja,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu pemain CLS Knight, Katon Adjie Baskoro, mengatakan jika saat ini dirinya belum menerima kepastian kabar tersebut. “Mungkin saja. Soalnya belum ada kepastian dari CLS ikut apa gak di IBL. Saat ini saya rasa akan tetap bersama dengan CLS Knight,” ungkapnya saat dihubungi, Jumat (4/8/2017). (ais)

IBL Indonesia CLS Knight