Kiai Kampung Balik Dukung Gus Ipul

josstoday.com

Para kiai kampung saat mendeklarasikan dukungan bagi Gus Ipul bersama ratusan Kiai Kampung, di Rumah Makan Sari Nusantara, Jl. Gubernur Suryo, Surabaya, Sabtu (5/7/2017).

JOSSTODAY.COM – Forum Komunikasi Kiai Kampung Jawa Timur secara resmi memberikan dukungan kepada Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, dalam Pilgub 2018.

Sebelumnya, Kiai Kampung sepakat mendukung Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa. Namun, karena melihat keseriusan Gus Ipul sapaan akrab Saifullah Yusuf dan dukungan Kiai Sepuh yang sejak lama mendukung Gus Ipul.

"Sejak awal kami memberikan dukungan pada Ibu Khofifah Indar Parawansa (Menteri Sosial) dan Gus Ipul. Namun sejak bulan Rojab atau Maret kami melihat Ibu Khofifah tidak serius. Padahal kami juga sudah berusaha ke Presiden untuk memintakan izin," kata KH Fahrurrozi (Gus Fahrur), koordinator Forum Kiai Kampung, ketika mendeklarasikan dukungan bagi Gus Ipul bersama ratusan Kiai Kampung, di Rumah Makan Sari Nusantara, Jl. Gubernur Suryo, Surabaya, Sabtu (5/7/2017).

Menurut dia, sejak Maret memberikan dukungan, jawaban yang diperoleh Kiai Kampung dari Khofifah selalu hanya cak sound, padahal gelaran Pilgub kurang dari satu tahun. Belum lagi ada banyak proses yang harus dilakukan Khofifah terutama memberikan visi misinya kepada masyarakat.

"Ibarat orang mau punya hajatan, Ibu Khofifah itu baru mendatangkan tukang sound sistem, baru cek sound, sementara tamu undangannya masih belum datang. Saya sejauh ini juga banyak ditanya para Kiai Kampung tentang keseriusan Ibu Khofifah," ujarnya.

Sejak itu juga, Kiai Kampung yang sudah serius memberi dukungan selalu memantau perkembangan Khofifah. Namun, para Kiai Kampung ini melihat Khofifah selayaknya tetap menjadi Mensos daripada menjadi Gubernur.

"Kami beberapa kali bertemu para Kiai Kampung dan 97 persen Kiai Kampung melihat eman (sayang) kalau Ibu Khofifah melepas jabatannya sebagai menteri hanya untuk maju sebagai gubernur," ujar pengasuh pesantren Cangaan Bangil, Pasuruan ini.

Sementara itu, dalam acara ini dihadiri pula oleh raturan kiai diantaranya KH Muhdor dari Sidogiri, Pasuruan; kemudian KH Muhammad Al Jufri dari Bojonegoro, dan para kiai dari puluhan pesantren se-Jatim. (ais)

Pilgub Jatim 2018 Kiai Kampung Gus Ipul