Pemprov Jatim Dukung Keberadaan Rumah Singgah Pasien

josstoday.com

Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, saat berbincang dengan salah seorang pasien yang menginap di rumah singgah pasien di Jl. Pucang Adi, Surabaya, Rabu (23/8/2017). (josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur mendukung adanya Rumah Singgah Pasien yang dibuat oleh lembaga yang ada di Jatim.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Jatim, Saifullah Yusuf, yang meresmikan Rumah Singgah Pasien di Jl. Pucang Adi, Surabaya, Rabu (23/8/2017).

Menurut Wagub yang kerap disapa Gus Ipul ini, jika keberadaan rumah singgah sangat diperlukan bagi pasien yang kurang mampu dan berasal dari daerah yang jauh.

Selain itu, dari data yang diterima dari RSUD Dr. Soetomo, sekitar lebih dari 600 orang setiap hari yang rawat jalan. Sehingga keberadaan rumah singgah sangat diperlukan bagi pasien.

"Salah satu yang perlu mendapat perhatian adalah pasien-pasien khusus yang memerlukan pengobatan berkali-kali. Tidak perlu ngamar tapi dia harus berobat berkali-kali. Seperti, tumor dan kanker yang memerlukan rumah singgah. Sehingga kalau berobat seperti ini ada yang kost, ada yanh sewa rumah kalau itu ada dananya. Sehingga, rumah singgah ini menjadi solusi," ujarnya.

Sementara itu, di rumah singgah ini dapat menampung 10 pasien. Di mana, terdapat fasilitas yang memadai seperti kasur, ac, kipas angin, mesing cuci, 3x makan, serta bahan makanan jika ingin memasak sendiri.

"Kita juga sudah siapkan ambulance bagi pasien yang memerlukan. Dan, kita juga bisa antar dan jemput tergantung keadaan pasien," ujar Direktu Pendayagunaan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), Nana Sudiana.

Semua fasilitas ini pun bisa didapatkan secara gratis bagi seluruh pasien-pasien yang kurang mampu. Di mana, sumber dana ini berasal dari zakat yang diberikan masyarakat. (ais)

Pemprov Jatim Rumah Singgah Pasien Wagub Jatim Gus Ipul