Festival Kampoeng Dolanan Gelar Pertukaran Budaya Dengan Mahasiswa Asing

josstoday.com

Mahasiswa asal Portugal, Francisco (kanan), mengikuti lomba tarik tambang bersama warga dalam acara Festival Kampoeng Dolanan di Jl. Kenjeran IV-C, Simokerto, Surabaya, Minggu (27/8/2017). (josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - 17 Agustus menjad tanggal istimewa bagi Republik Indonesia. Sebab, pada waktu itu Presiden Soekarno dan Wapres Moh. Hatta memproklamasikan kemerdekaan. 

Untuk itu, setiap bulan Agustus diadakan lomba-lomba untuk merayakan hari kemerdekaan. Bahkan, lomba yang dilombakan ada permainan tradisional seperti balap karung, tarik tambang, egrang, sepak bola api, dll. 

Itu juga yang dilakukan oleh Komunitas Kampoeng Dolanan yang mengadakan Festival Kampoeng Dolanan di Perkampungnan Jl. Kenjeran IV-C, Simokerto, Surabaya, Minggu (27/8/2017).

Dalam acara ini turut diramaikan oleh mahasiswa asing dari beberapa negara seperti Portugal, Vietnam, dan China. Mahasiswa tersebut juga menujukkan permainan tradisional masing-masing. 

Selain itu, para mahasiswa diajak warga kampung untuk ikut merasakan permainan tradisional seperti egrang, ular tangga, dan balap karung.

"Saya senang sekali bisa bermain disini. Pengalaman baik bagi kami untuk bermain permainan yang tak pernah kami ketahui," ujar Francisco mahasiswa dari Portugal.

Sementara itu, Egrang menjadi permainan yang menyulitkan bagi keempat mahasiswa ini. "Egrang sangat sulit dan sangat menyakitkan, karena kami harus melepas sepatu," imbuh Joao yang juga dari Portugal. 

Ketua Komunitas Kampoeng Dolanan, Mustofa Sam, mengatakan jika inti acara ini adalah sarana edukasi saling mengenalkan kebudayaan. "Selain pertukaran budaya, ini juga untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia," ujarnya. 

Selain festival permainan, ada pula workshop topeng dan wayang, penampilan ludruk, penampilan angklung urban care, dan banyak lagi. Acara ini turut dikolaborasikan dengan Festival Pekik Merdeka.

Gus Ipul Hadiri Festival Pekik Merdeka

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, turut meramaikan acara Festival Pekik Merdeka yang berkolaborasi dengan Festival Kampoeng Dolanan.

"Gus Ipul (sapaan akrab Saifullah Yusuf) akan hadir di Festival Pekik Merdeka," ujar Ketua Panitia Festival Pekik Merdeka, Irfan Arif Abdillah.

Festival Pekik Merdeka ini merupakan lomba vlog yang berisikan tentang makna kemerdekaan yang diadakan Josstoday.com yang nantinya akan memperebutkan Piala Gus Ipul. (ais)
 

Festival Kampoeng Dolanan Pekik Merdeka Pertukaran Budaya