Partai Demokrat Cari Figur Baru di Pilgub Jatim

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Diperpanjangnya masa pendaftaran Bakal Calon Gubernur (Bacagub) dan Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacawagub) di Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat (PD) Jawa Timur menimbulkan sejuta pertanyaan?

Sebelumnya, DPD PD Jatim telah menutup pendaftaran pada 31 Juli 2017 dengan menerima lima Bacagub. Diantaranya Wagub Jatim Saifullah Yusuf, Waketum DPP PD Nurhayati Ali Assegaf, Kepala Inspektorat Pemprov Jatim Nurwiyatno, Ketua Kadin Jatim La Nyalla Mahmud Mattalitti, dan Kombes (Pol) Syafiin.

Saat ditemui pada Jumat (22/9/2017), Sekretaris DPD PD Jatim, Renville Antonio, mengatakan jika perpanjangan masa pendafataran ini berdasar instruksi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) yang tidak disertai alasan yang kuat.

Ketua Fraksi PD di DPRD Jatim, Agus Dono Wibawanto, berpandangan jika perpanjangan ini didasari beberapa hal. "Jakarta menginginkan  adanya figur lain. Bisa juga Jakarta menginginkan yang mendaftar itu memiliki kapasitas, elektabilitas, dan popularitas lebih. Lebih banyak pilihan kan lebih bagus juga," ungkapnya saat dihubungi, Minggu (24/9/2017).

Sementara itu, pengamat politik dari Universitas Airlangga, Suko Widodo, melihat jika perpanjangan pendaftaran ini merupakan pertimbangan untuk mencari koalisi yang lebih pas.

Apalagi, saat ini kandidat terkuat dengan elektabilitas tertinggi sementara adalah Wagub Saifullah Yusuf, yang melamar PDIP untuk menjadi wakilnya.

"Pertimbangan saya lihat karena peluang koalisi. Saya melihat, bahwa peta Pilgub tidak lepas dari peta kepresidenan. Toh, Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono, Ketua DPP PD) dan Bu Mega (Megawati Soekarno Putri, Ketua DPP PDIP) belum bertemu. Ya mungkin, karena dianggap tidak cocok akhirnya memperpanjang pendaftaran," jelas pria yang kerap disapa Sukowi. 

Selain itu, ia berpandangan jika PD masih mencari figur lain yang dapat memenangkan PD di Pilgub Jatim, dan Pilpres 2019 nantinya.

"Kalau saya melihat mungkin masih menunggu Khofifah (Indar Parawansa), atau mungkin juga AHY (Agus Harimurti Yudhoyono)," katanya. (ais)

Pilgub Jatim 2018 Partai Demokrat Peta Politik