Bude Karwo Kartu As Demokrat di Pilgub Jatim

josstoday.com

Istri Gubernur Jatim, Nina Soekarwo (kanan), saat bernyanyi bersama sang suami Soekarwo di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, 17 Agustus 2017. (josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur diprediksi masih akan diramaikan dengan munculnya berbagai tokoh baru. Salah satunya adalah Nina Soekarwo yang tak lain adalah istri Gubernur Jatim.

"Bude (sapaan akrab Nina Soekarwo) masih mungkin untuk masih radar penjaringan DPD (Partai Demokrat)," kata Pengamat Politik asal Surabaya Survey Center, Surokim Abdussalam, saat dihubungi melalui pesan singkat, Minggu (24/9/2017).

Lelaki yang kerap disapa Rokim ini menjelaskan jika nama Bude Karwo menjadi kuda hitam setelah DPD PD Jatim melakukan perpanjangan masa pendaftaran Bacagub dan Bacawagub hingga 30 September nanti.

Ia mengatakan, jika nama Bude Karwo bisa menjadi salah satu kartu as Demokrat berdasarkan dengan pengalaman selama mendampingi Soekarwo menjabat. Apalagi, Bude Karwo juga memiliki pengalaman menjadi ketua di beberapa organisasi publik.

"Kalo dari segi kompetensi, Bude Karwo menurut saya memiliki kapasitas. Tapi, penentu rekom Demokrat tetap pak SBY (sapaan akrab Susilo Bambang Yudhoyono, Ketua DPP PD) dan Pakde Karwo," ungkapnya.

Meskipun begitu, Rokim mengatakan jika Bude Karwo nantinya akan menjadi pilihan terakhir, jika alternatif lainnya tidak sesuai dengan misi PD. 

Selain itu itu, Bude Karwo juga bisa diandalkan karena saat ini banyak dari masyarakat Jatim sudah lebih rasional terhadap persoalan gender. (ais)

Pilgub Jatim 2018 Partai Demokrat Nina Soekarwo