Pelajar Muhammadiyah Bagikan Nasi untuk Kaum Mustadh'afin

josstoday.com

Zia, Bidang Pemberdayaan Masyarakat IPM JITU Berbagi Nasi Kepada Kaum Mustadh'afin. Foto : Purwanto

JOSSTODAY.COM - Ada pepatah mengatakan banyak-banyaklah memberi kamu akan diberi banyak. Mungkin ini yang diterapkan oleh pelajar SMP Muhammadiyah 17 Surabaya dalam bergerak terhadap masyarakat. Bulan Muharram ini menjadi bulan yang penuh makna bagi warga muslim.

Hal ini tidak ingin terlewatkan begitu saja oleh Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM)  SMP Muhammadiyah 17 Surabaya. Mereka mempunyai program bernama Pelajar Al-Ma'un yang merupakan salah satu program unggulan di IPM SMP Muhammadiyah 17 Surabaya.

Salah satu kegiatan dari program Pelajar Al Ma'un adalah berbagi nasi kepada kaum mustadh'afin. Kaum mustadh'afin adalah kaum manusia-manusia yang hidup dalam kemiskinan, kesengsaraan, kelemahan, ketidakberdayaan, ketertindasan, dan penderitaan yang tiada putus. Kepedulian mereka yang menuntun program berbagi nasi diberikan kepada kaum mustadh'afin.

Izza selaku ketua IPM SMPM 17 Surabaya mengatakan bahwa program berbagi nasi ini dibagikan dengan cara satu orang menerima satu nasi. "Satu nasi memang tidak menuntaskan kemiskinan tapi satu nasi mengajarkan kita untuk berbagi terhadap sesama" ujar Izza.

IPM SMPM 17 Surabaya ini membagika nasi kepada masyarakat sekitar hingga mendapatkan respon positif dari tokoh masyarakat disana. "Saya senang melihat siswa-siswa ini dengan programnya mudah-mudahan kedepan saya bisa turut andil dalam program tersebut" ujar Ustadz Daniar. (sam)

SMP Muhammadiyah 17 Surabaya IPM SMPM 17 Surabaya