Diprediksi Akan Ada Tiga Poros di Pilgub Jatim

josstoday.com

Bendahara DPD Gerindra Jatim Achmad Hadinuddin (tiga dari kiri), Ketua DPW PKS Jatim Arif Hari Setiawan (tiga dari kanan), dan Ketua DPW PAN Jatim Masfuk (dua dari kanan) saat foto bersama dalam konferensi pers di Dyandra Convention Centre, Surabaya, Jumat (29/9/2017). (josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - Pengamat Politik memprediksi akan ada tiga poros dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018.

Saat ini sudah ada dua poros yang beredar di masyarakat. Yakni poros Saifullah Yusuf yang diusung PDIP dan PKB, serta poros Khofifah Indar Parawansa yang didukung oleh Partai Nasdem, Partai Hanura, Partai Golkar, dan Partai Demokrat.

"Saya rasa akan ada tiga, yang ketiga kemungkinan besar Gerindra, PAN, dan PKS," kata Pengamat Politik sekaligus Direktur Surabaya Suvey Center (SSC), Mochtar W Oetomo, saat ditemui di kawasan Jl. Siwalankerto, Surabaya, Rabu (18/10/2017).

Pria yang kerap disapa Mochtar ini  mengatakan, jika adanya poros ketiga ini karena ada faktor kepentingan yang dimiliki ketiga partai.

Selain itu, ketiga partai ini sejak awal diprediksi tidak akan mendukung Saifullah Yusuf yang diprediksi ingin menjadi calon tunggal. Serta, ketiganya sama-sama memiliki keinginan untuk mendapat jatah Calon Wakil Gubernur (Cawagub) nantinya.

"Ya itu, karena semuanya mungkin gak bisa dapat jatah wakil di poros lain," jelasnya.

Diprediksi untuk dua poros lain, sudah diprediksi telah memiliki kandidat Cawagub. Untuk Poros Gus Ipul sudah ada Abdullah Azwar Anas dari PDIP, sedangkan untuk Khofifah saat ini belum ditentukan. Namun, diprediksi Partai Demokrat memiliki peluang menentukan Cawagub.

Hanya saja, hingga saat ini ia belum melihat siapa Bakal Calon Gubernur (Bacagub) yang akan diusung. Karena, nantinya harus ada figur yang benar-benar kuat untuk bisa menandingi dua pasangan lain. 

Sementara itu, adanya poros ketiga ini sudah terasa ketika adanya acara nonton bareng film G30S/PKI yang digelar di Dyandra Convention Centre, Surabaya, Jumat (19/9/2017) lalu.

Saat itu, Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PAN Jatim, Masfuk, mengaku sudah ada pemikirian yang sama antar partai. "Kalau untuk Pilgub, saya rasa akan  baik," ucapnya.

Di sisi lain, Ketua DPW PKS Jatim, Arif Hari Setiawan, mengatakan jika saat ini partainya terus melakukan komunikasi untuk memantapkan koalisi. (ais)

Pilgub Jatim 2018 Pilgub Jatim PKS PAN Gerindra