Jatim Butuh Gubernur Millenial

josstoday.com

Pengamat politik asal Universitas Trunojoyo, Mochtar W Oetomo, saat memberi materi dalam diskusi Pilkada Jatim 2018 Di Era Millenial di Hotel Maxone Dharmahusada, Surabaya, Kamis (26/10/2017). (josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - Ibarat pepatah "yang muda, yang berkarya" Jawa Timur sudah seharusnya dipimpin oleh pemimpin muda. Hal itu dikatakan oleh pengamat politik asal Universitas Trunojoyo, Mochtar W Oetomo, saat memberi materi dalam diskusi Pilkada Jatim 2018 Di Era Milenial di Hotel Maxone Dharmahusada, Surabaya, Kamis (26/10/2017).

Pria yang kerap disapa Mochtar itu menjelaskan, dalam era milenial saat ini figur-fugur pemimpin muda seharusnya menjadi kandidat di pilgub.

"Karena, mereka yang memahami keadaan saat ini," jelasnya.

Tak hanya itu, ia melihat pada generasi millenial ini memiliki banyak keunggulan. Utamanya, adalah inovasi dan kreasi yang terus dilakukan untuk mengeksiskan diri.

Karena itu, ia melihat beberapa figur muda yang ada di Jatim seperti Abdullah Azwar Anas (Bupati Banyuwangi), Emil Dardak (Bupati Trenggalek), Renville Antonio (Anggota DPRD Jatim), Baddrut Tamam (Anggota DPRD Jatim), dan Anwar Sadad (Anggota DPRD Jatim) bisa maju dalam Pilgub sebagai Cagub.

Di sisi lain, Pilgub Jatim kali ini dianggapnya seperti  Liga Spanyol yang didominasi dua kekuatan saja yakni Barcelona dan Real Madrid. Sedangkan pada Pilgub Jatim, Saifullah Yusuf dan Khofifah Indar Parawansa yang sudah ada dalam tiga kali Pilgub kembali akan bersaing.

"Sayangnya, kita dapat cagub yang usang-usang. Ini kan calon lama semua. Kesadaran politik kita belum muncul, karena yang usang ini belum sadar agar memberi ruang pada kandidat lain yang layak untuk bertanding," ujarnya. (ais)
 

Pilgub Jatim 2018 Mochtar W Oetomo Pengamat Politik Gubernur Millenial