Elektabilitas Gus Ipul-Anas Tertinggi Versi SSC

josstoday.com

Direktur Riset SSC, Edy Marzuki, saat memberi penjelasan di Hotel Yello, Surabaya, Rabu (13/2/2017).

JOSSTODAY.COM - Hasil survey dari Surabaya Survey Center (SSC) menjukkan pasangan calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas memiliki elektabilitas tertinggi dari pada kandidat Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak (KopDar).

Berdasar temuan di lapangan duet Gus Ipul-Mas Anas meraih presentase sebesar 36.2 persen, diikuti oleh (KopDar) 33.9 persen, serta ada 29.9 persen yang belum menentukan dengan angka margin of error sebesar 3.2 persen

Meskipun memiliki perolehan yang lebih tinggi, namun suara tersebut masih dirasa sangat rawan. Sebab, selisih suaranya saat ini kurang lebih 3 persen.

"Ternyata, saat kita tanyakan siapakah yang akan dipilih jika hari ini dilaksanakan Pilgub. Jawabannya ini, Gus Ipul-Anas memperoleh suara tertinggi. Tapi, masih belum cukup aman," jelas Direktur Riset SSC, Edy Marzuki, usai acara di Hotel Yello, Surabaya, Rabu (13/2/2017).

Sementara itu, Direktur SSC, Mochtar W Oetomo, menjelaskan jika ada tantangan berat bagi kedua paslon untuk merebut suara yang belum menentukan.

"Dari hasil ini, masih ada ketidakpastian dengan angka yang batas margin of error ada tantangan berat bagi keduanya. Kecenderungannya, publik Jatim sudah terlalu apal dengan GI dan KIP, sehingga pertarungan real akan sangat ditentukan oleh wakilnya. Itu akan lebih menentukan. Tinggal bagaimana tim suksesnya memoles wakilnya," paparnya.

Data-data diatas sendiri, diperoleh melalui survey yang dilakukan oleh SSC di 38 Kab/Kota di Jawa Timur pada kurun waktu 25 November-8 Desember 2017. Survey tersebut dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan 940 responden. Tingkat kepercayaan dari hasil tersebut sebesar 95 persen dengan margin of error 3.2 persen. (ais)
 

Pilgub Jatim 2018 Surabaya Survey Center (SSC) Gus Ipul Anas Khofifah Emil Dardak