Arumi Effect Tingkatkan Elektabilitas KopDar

josstoday.com

Arumi Bachsin (tengah) saat melayani permintaan foto bareng. (josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - Kehilangan sosok Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, yang menolak menjadi juru kampanye Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak (KopDar) di Pilgub Jatim 2017 tak membuat duet KopDar gelisah.

Sebab, saat ini duet KopDar mendapat dukungan dari artis Arumi Bachsin yang juga istri Emil Dardak.

Pengamat Politik asal Universitas Trunojoyo Madura, Mochtar W Oetomo menilai, jika kehadiran Arumi Bachsin akan sangat membantu KopDar mendapat suara yang besar nantinya.

"Arumi effect itu kelebihan Emil yang tidak dimiliki oleh cagub cawagub lain. Dia punya Arumi, punya vote getter dengan segmen pemilih lintas generasi mulai ibu-ibu sampai remaja millenial. Jika Arumi effect ini terus menggelinding dan membola salju, maka akan menjadi sulit dibendung," katanya saat ditemui di kawasan Jl. Semolowaru, Surabaya, Jumat (22/12/2017).

Ia menilai, saat ini sebagian masyarakat masih tertarik kepada sosok-sosok yang memiliki nama cukup populer. Apalagi, sebagian besar masyarakat yang kurang mampu akan sangat tertarik untuk melihat sosok Arumi.

"Arumi barangkali sudah tidak perlu ekspose karena dia sudah tidak lagi menggeluti dunia entertainment, justru ketika Arumi blusukan turun menyapa rakyat atau bahkan menjadi jurkam yang akan mendapat ekspos berlipat adalah Emil Dardak. Arumi effect penting untuk mendongkrak popularitas dan akseptabilitas Emil Darda di mata publik, yang pada gilirannya akan berpengaruh pada elektabilitas KIP (Khofifah) dan Emil," jelasnya.

Sementara itu, Dosen Universitas Dr Soetomo, Budi Wiyoto, menjelaskan jika penentuan mendapatkan suara tidak hanya dari figur yang akan maju saja.

"Jadi, mereka akan melihat juga pasangannya. Dan itu menjadi pengaruh cukup besar. Dulu saat jaman Soeharto, akan lebih banyak dari kalangan aktivis saja yang bisa jadi," jelasnya. (ais)

Pilgub Jatim 2018 Arumi Bachsin KopDar