Gus Ipul: Pengusaha Tak Perlu Takut Meniru

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, meminta para pengusaha dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk tidak gengsi meniru untuk bisa 

berhasil meraih laba besar. Hal itu disampaikan pria yang kerap disapa Gus Ipul saat menyampaikan sambutannya di Bursa Inovasi Desa di Pendopo Kanigoro Kabupaten Blitar, Jumat (29/12/2017) malam.

Menurutnya demi kebaikan dan kemajuan, tak ada salahnya seseorang meniru kisah sukses orang lain. Konsepnya ATM (amati, tiru dan modifikasi) dirasanya bisa menjadi satu tips yang baik. 

"Tidak usah ragu untuk amati, tiru lalu modifikasi (ATM). Banyak di Surabaya itu pengusaha sukses karena meniru usaha dari negara lain. Kita juga tidak perlu malu menerapkan yang ada di negara lain di desa kita. Yang penting rakyatnya makin sejahtera dan makin makmur," kata Gus Ipul.

Selain itu, Gus Ipul juga mengingatkan ada empat tantangan agar dapat meingkatkan perekonomian desa. Pertama, penting sekali untuk fokus pada peningkatan kualitas sumber daya manusia di desa. SDM aparatur pemerintahan desa dan masyarakat. Kedua,infrastuktur desa. Dan ketiga, kewirausahaan.

"Pemerintah saatnya menghadirkan lebih banyak pengusaha, karena para pengusaha itu tidak mencari pekerjaan, tapi justru menciptakan lapangan pekerjaan. Seperti hari ini disajikan ke saya ikan gurami dibungkus besek (anyaman bambu). Karena bungkusnya besek, perlu pengrajin besek, perlu orang yang tanam bambu. Jadi dari pengusaha gurami punya efek Domino" papar Gus Ipul.

Dan terakhir, kata Gus Ipul, adalah pengembangan ekonomi lokal. Empat inilah tantangan kita untuk menggerakkan perekonomian dan pengembangan desa. 

Sementara itu, Bupati Blitar Rijanto membeberkan berbagai potensi di Kabupaten Blitar. Mulai potensi kuliner, alam, produk unggulan dan program aplikasi Amazing Blitar. 

"Disaksikan Pak Wagub saya secara resmi membuka aplikasi Amazing Blitar. Aplikasi ini yang akan menuntun masyarakat yang ingin tahu banyak tentang Kabupaten Blitar. Dengan semboyan "Ayo bela dan beli produk Blitar", semoga aplikasi ini semakin membuat Blitar terkenal tak hanya di Indonesia, tapi juga di dunia Internasional," pungkasnya. (ais)

Gus Ipul Wagub Jatim ATM UMKM