Pengamat Politik Yakin Tak Ada Evaluasi Kepada Anas

josstoday.com

Pengamat Politik asal Unair, Suko Widodo. (josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - Pengamat Politik asal Universitas Airlangga (Unair), Suko Widodo, melihat jika isu-isu negatif yang menempel pada Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacawagub) Jawa Timur, Abdullah Azwar Anas atau Anas tidak akan berdampak pada pergantian posisi.

Berdasarkan informasi yang beredar, pria yang juga Bupati Banyuwangi itu akan dievaluasi karena keberadaannya malah mengurangi elektabilitas  Calon Gubernurnya, Saifullah Yusuf. 

"PDIP itu terkenal solid dan loyal. Apa yang sudah diputuskan ketumnya akan dilaksanakan," katanya saat dihubungi, Kamis (4/1/2018) malam.

Menurut pria yang kerap disapa Suko itu, jika penetapan Anas sebelumnya sudah melalui proses penghitungan dan sudah diverifikasi. Sehingga, dirasanya tak perlu ada evaluasi.

Selain itu, terdengar pula kabar burung yang menyatakan adanya skandal antara Anas dengan istri salah satu anggota DPR RI dari fraksi diluar poros Gus Ipul-Anas.

"Dalam kompetisi politik, penyebaran informasi yg mengarah pada penjatuhan citra kandidat acap kali berlangsung. Ini mungkin saja bagian dari black campaign untuk menjatuhkan lawan di mata publik," ujar Suko.

Namun, menurutnya hal itu seharusnya tak dilakukan karena menyalahi etika. "Seharusnya cara-cara elok yang digunakan dalam melakukan kampanye Pilkada. Sudah saatnya kita berpolitik dengan cara elegan," pungkasnya. (ais)
 

Pilgub Jatim 2018 PDIP Abdullah Azwar Anas