Surabaya Fashion Parade 2018

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Tunjungan Plaza kembali menggelar Surabaya Fashion Parade 2018 yang sebelumnya SFP telah sukses diselenggarakan selama sebelas tahun berturut-turut.  Seperti tahun sebelumnya , SPF 2018 akan diselenggarakan  selama lima hari dari 2 hingga 6 Mei 2018 di Chammeleon Hall TP 6 lantai 5. 

Tunjungan Plasa (TP) bekerjasama dengan Indonesia Fashion Chamber (IFC) dalam Surabaya Fashion Parade (SPF). IFC sendiri merupakan organisasi profesi designer busana, aksesoris, tas dan sepatu nirlaba yang bertujuan memajukan industri fashion dunia. 

Founder Surabaya Fashion Parade, Dian April mengatakan pada tahun 2018 ini SPF mengusung tema utama yang diangkat UN11TE yaitu kesatuan dari berbagai unsur.

"UN11TE berasal dari Bahasa Perancis Unite yang berarti kesatuan dari berbagai unsur untuk mengahasilkan sesuatu yang unik dengan menampilkan kebhinekaan Indonesia dengan berbagai kesatuan nasional budaya nasional, kata Dian di Hotel Sheraton Surabaya, Hari Rabu ( 10/01/2018).

Menurut Dian, yang membedakan SPF 2018 dengan  SPF sebelum- sebelumnya adalah dengan adanya keterlibatan design Internasional yang diundang dan lebih menfokuskan fashion secara umum tanpa adanya kinds fashion.

"Design Internasional yang diundang dari Malasyia yang bernama Melinda Loi sangat terkenal yang disesuaikan dengan tema yang menjadi karya luar biasa dan menggunakan fashion secara umum tanpa adanya kinds fashion seperti fashion sebelumnya " jelas dia.

Ketua Indonesia Fashion Chamber ( IFC), Ali Kharisma mengatakan dengan adanya SPF 2018 akan berdampak objektif yang singkat untuk memberikan wadah berprestasi kepada designer yang layak di surabaya.
"TP berkolaborasi dengan IFC sendiri merupakan salah satu bentuk untuk menemukan kreativitas dari designer di Surabaya dan memajukan fashion yang ada di Indonesia," kata dia.

Menurutnya,  SPF adalah salah satu bentuk cara menjaring designer dari kota menuju nasional hingga menuju Internasional.
"Sehingga mengangkat industri Indonesia ke kanca Internasional," ungkap Ali kepada Reporter Josstoday.

Selain itu, Ali menjelaskan cara mengimplamentasikan designer SPF produk local ke dalam inspirasi koleksi sehingga dapat dijual dari dalam negeri keluar negeri.
"Untuk menunjukkan kebiasaan maupun ciri khas yang jelas dari budaya Indonesia dijadikan inspirasi," kata Ali.

Ali menjelaskan SPF 2018 menyiapkan beragam lomba, talkshow dan fashion exhibition dengan lima tema yang berbeda dalam fashion show.
" Fashion show berjalan selama lima hari dengan lima tema diantaranya pada hari pertama, Ethic.Hari kedua, Cocktoal. Hari ketiga, Moeslem/ Modest Wear. Hari keempat, Glamororus party dan ke lima adalah urban.

Ali berharap dari SPF 2018 di Surabaya akan mampu bersaing dengan dunia Internasional.
"Produk Luar sudah masuk ke Indonesia, saya berharap budaya local Indonesia dapat   bersaing dengan dapat dikenali dan menjadi usaha industri di dunia luar," tutup Ali. (tus)
 

Surabaya Fashion Parade 2018 surabaya fashion