Kontestan Pilgub Jatim Jalani Tes Psikologi

josstoday.com

Duet Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno saat tiba di RSUD Dr Soetomo, Kamis (11/1/2018). (Istimewa)

JOSSTODAY.COM - Setelah menyelesaikan tahap pendaftaran Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018, para pasangan calon langsung mengikuti tahapan selanjutnya yakni tes kesehatan di RSUD Dr Soetomo, Surabaya, Kamis (11/1/2018).

Untuk tahap pertama tes kesehatan ini duet Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno dan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak (KopDar) melaksanakan tes psikologi. 

Berdasarkan jadwal, tes kesehatan dimulai pukul 07.00 WIB. Sesuai jadwal duet KopDar menjadi peserta yang hadir terlebih dahulu yang tepat waktu meski datang sendiri-sendiri. Kemudian, sekitar pukul 07.30 WIB duet Gus Ipul-Puti hadir bersamaan didampingi sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim.

Dalam tes psikologi ini, para calon akan melaksanakan tahapan wawancara dan tes tulis psikologi.  Selain tes psikologi, para calon akan melakukan tes fisik dan urine yang dilakukan besok.

Direktur RSUD Dr Soetomo, Harsono mengatakan jika proses tersebut dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Jadi ada tiga tes yang dilakukan sesuai permintaan KPU. Dan ini kita bagi dalam dua hari. Jadi, hari ini tes psikologi besok tes fisik dan urine," jelasnya.

Tes ini pun dilaksanakan secara tertutup oleh pihak rumah sakit. Sehingga, media dan tim sukses tidak dapat masuk menyaksikan jalannya tes.

Khofifah menjadi peserta pertama yang keluar dari ruang tes. Ia mengaku, jika tes itu sudah pernah ia lakukan. "Gak ada persiapan, karena saya sudah pernah mengikuti tes ini. Cuma lebih lengkap saja," ungkapnya.

Senada dengan Khofifah, Saifullah Yusuf yang keluar kedua mengaku tidak ada kendala dalam menyelesaikan tes. "Biasa saja," akunya.

Sementara itu, bacawagub Emil Elestianto Dardak mengatakan jika didalam dilakukan dua tes. Yakni mengisi 567 soal dari kuisioner dan wawancara. 

"Lebih banyak terkait diri kita, kenapa ikut ini, kemudian bagaimana keinginan kita. Dan saya rasa sudah kayak interview masuk kerja. Tapi, gak masalah kita ikut saja prosedur yang diberikan," kata Emil.

Setelah mengikuti tes psikologi. Pada esok hari, para calon akan mengikuti tes fisik dan tes urine. Untuk mengikuti tes tersebut, para calon diwajibkan untuk berpuasa selama 12 jam sejak pukul 20.00 WIB. (ais)

Pilgub Jatim 2018 Tes Psikologi Gus Ipul Puti Guntur Soekarno Khofifah Emil Dardak