Peringatan HPN 2018, Gus Ipul Harap Media Jaga Independensi

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Di tengah maraknya berita-berita hoax membuat peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 menjadi satu momen untuk seluruh media bisa agar bisa menjadi media yang independen dengan informasi yang akurat.

Karena itu, Bakal Calon Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul meminta agar setiap wartawan atau media untuk menjaga kode etik ditengah kemajuan teknologi.

"Saya tahu bahwa sekarang ini ada kemajuan teknologi yang luar biasa, yang membuat kita semua harus menyesuaikan. Tapi, wartawan juga harus bekerja keras untuk menyajikan suatu berita yang akurat," ujar Gus Ipul saat ditemui di Grand City, Surabaya, Jumat (9/2/2018).

"Ada juga cepat, tapi cepat itu di tengah-tengah sekarang ini kadang-kadang cuma cepat tidak akurat. Itu semua membuat kita harus berubah, teman-teman wartawan juga harus berubah. Tapi kode etik wartawan tidak berubah, tapi idealisme wartawan tidak berubah," imbuhnya

Apapun itu, katanya, Pers Indonesia telah menunjukkan peran yang sangat penting. Pers, katanya, telah menyediakan ruang gagasan pemikiran kebangsaan. Pers, lanjutnya, juga telah memperkuat ruang demokrasi.

Ia mengingatkan agar pers tetap mengabdi pada bangsa dan negara, memperjuangkan kepentingan nasional. "Tentu harus memiliki tanggung jawab untuk membumikan Pancasila demi hadirnya tatanan masyarakat yang berkebudayaan Indonesia,” pungkasnya. (ais)

Hari Pers Nasional 2018 HPN 2018 Gus Ipul