Gus Ipul Hadiri Haul Ustad Abdurohman

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Bakal Calon Gubernur Jawa Timur, Saifullag Yusuf atau Gus Ipul terus melakukan safarinya untuk berdiskusi dengan masyarakat dan mencari dukungan. Semalam (10/2/2018), ia mengikuti acara Hau Almarhum Ustad Abdurohman di Dupak Masigit, Surabaya.

Meskipun acara berada di gang yang cukup sempit, namun tak membuat Gus Ipul enggan untuk tetap hadir di acara tersebut. Bahkan, sesampainya di depang gang ia disambut oleh abang-abang becak para remaja setempat.

Sepanjang kurang lebih 500 meter, jamaah memenuhi gang-gang sempit. Berjejer berhadap-hadapan sambil memegang buku tahlil dan surah yasin. Di hadapan setiap orang tersaji satu kelapa. Selain membawa "berkat", jamaah pulang membawa kelapa.

"Ini tradisi yang unik dan menarik. Hanya di sini saya melihat jamaah tahlilan pulangnya oleh sohibul hajat dibawain kelapa," kata pria yang menjabat Wakil Gubernur Jatim dua periode itu.

"Almarhum mewariskan taman pendidikan alquran. Tanggungjawabnya berat. Tapi ini mewariskan nilai-nilai luhur. Kalau yang diwariskan deposito, belum tentu bikin bisa bikin kita kompak kayak sekarang " imbubnya.

Acara saling berbagi doa lewat majelis tahlilan, yasinan dan pengajian, lanjut Gus Ipul, bulan semata diniatkan untuk almarhum. Tetapi, katanyam doa-doa itu juga diperuntukkan bagi jemaah, baik yang sudah meninggal maupun mereka yang masih hidup.

"Doa untuk kita semua. Yang hidup maupun yang sudah meninggal. Manfaat majelis seperti ini untuk memupuk kerukunan warga di tingkat yang paling bawah. Rukun itu bukti kebaikan almarhum dirasakan oleh kekuarga, tetangga dan teman-temannya," ujar Gus Ipul.

Saat akan menutup acara, KH Mahrus Malik mengatakan bahwa Gus Ipul satu-satuya kader NU hang diperintahkan para ulama dan masyayikh untuk menjadi gubernur Jatim. "Bagi kita sebagai santri, kewajibannya adalah taat dan patuh kepada guru kita," kata Kiai Mahrus.

"Jadi Gus Ipul maju dalam pilgun bulan Juni nanti bukan karena kehendak apalagi ambisi pribadi. Ini murni hasil riyadhah dan mujahadah para ulama. Untuk menjaga marwah para ulama kita, maka kita mesti mendukung Gus Ipul," katanya. (ais)

Pilgub Jatim 2018 Gus Ipul