Lindungi Profesi, Perhumas Surabaya Didirikan

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Posisi humas atau public relation menjadi salah satu bagian penting bagi sebuah instansi untuk bisa menciptakan citra baik di masyarakat. Namun, saat ini belum ada organisasi yang menyatukan humas-humas yang ada di Surabaya.

Karena itu, beberapa humas dari berbagai instansi, baik milik pemerintah maupun swasta, berkumpul dalam rangka mematangkan rencana pengukuhan organisasi Persatuan Humas(Perhumas) Kota Surabaya. Fitria Widiyani selaku Sekretaris mengatakan bahwa struktur pengurus saat ini sudah terbentuk secara lengkap.

Ketua Bidang Kerja Sama Perhumas Surabaya, Indriani Siswati mengatakan jika organisasi ini terbentuk untuk memberikan wadah bagi humas-humas agar dapat meningkatkan kompetensinya sebagai humas.

"Selain untuk membangun networking dan meningkatkan kompetensi Humas, organisasi ini akan menjadi wadah yang memberikan legitimasi terhadap profesi Humas " kata Public Relations PT Holcim Indonesia Tbk itu, Selasa (13/3/2018).

"Ke depannya, kami akan terus mengembangkan sayap agar segenap humas dari seluruh instansi yang ada di Surabaya bisa bergabung dengan kami. Termasuk di antaranya adalah humas dari pihak Kepolisian maupun TNI," imbuhnya.

Senada dengan Indri, akademisi di Universitas Bhayangkara, Fitria Widiyani mengatakan jika organisasi ini sangat penting ada, sekaligus memperlihatkan kepada masyarakat begitu besarnya fungsi dari humas. "Ini untuk penguatan profesi humas. Baik di mata masyarakat maupun di mata instansi masing-masing," jelasnya.

"Humas atau Public Relations(PR) ini ironisnya sering dipandang sebelah mata. Padahal peran mereka dalam mengelola reputasi institusi atau organisasi sangatlah penting. Mereka berinteraksi dengan banyak stakeholder," pungkasnya. (ais)

 

Perhumas Surabaya Humas