Wartawan Senior Deklarasi Dukungan Untuk Khofifah-Emil

josstoday.com

Tatang Istiawan, Choirul Anam dan Djalil Latuconsina dalam pernyataan Pers, Rabu, (4/4/2018). (Foto: Faris Yarbo)

JOSSTODAY.COM - Sejumlah wartawan senior Jawa Timur mendeklarasikan diri untuk mendukung pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 1, Khofifah Indar Parawansa - Emi Elestianto Dardak. Deklarasi itu dilaksanakan di Ruang Bromo Hotel Verwood, Surabaya, Rabu (4/4/2018). 

Motor deklarasi ini adalah tiga wartawan senior. Mereka antara lain, Tatang Istiawan pendiri koran Surabaya Pagi, Choirul Anam wartawan senior dan pemilik Harian Duta, dan Djalil Latuconsina pendiri Majalah Sapujagat.

Selain mendeklarasikan dukungan untuk pasangan nomor urut satu. Dalam deklarasi tersebut juga disuarakan sikap terbuka yang meminta penerbitan pers cetak, TV, online dan radio bersama para jurnalisnya untuk meliput Pilgub JatimJatim s cerdas dan obyektif. 

Ini terutama dalam membedah pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, yang benar-benar memiliki kapabilitas menyejahterakan masyarakat Jatim guna meneruskan program pembangunan ekonomi Gubernur Jatim, Dr H Soekarwo yaitu Jatimnomics.

Salah satu deklarator, Tatang Istiawan menjelaskan, alasan deklarasi ini sendiri, adalah untuk meraih kebaikan bagi Jawa Timur. Sebab, menurutnya banyak pemberitaan yang dianggap membodohi masyarakat.

"Saya melihat wartawan saat ini hanya meliput seremonial, tidak melihat bagaimana latar belakang dari masing-masing paslon. Wartawan harus menjadi sarana pendidikan yang baik pada masyarakat bukan membodohi masyarakat. Dan ini dilindungi oleh Undang-Undang (UU) nomor 40 tahun 1999 yang filosofinya mengharuskan kita berpihak kepada kebenaran," ungkap Tatang bersemangat.

Menurutnya, dukungan pada paslon nomor urut 1 itu juga karena para wartawan senior menilai pasangan Khofifah-Emil adalah paket lengkap. Di mana keduanya merupakan representasi kalangan usia tua dan muda, serta keduanya dinilai memiliki pengalaman yang sudah teruji dalam menjalankan roda pemerintahan.

"Khofifah itu saat reformasi sudah seperti macan di DPR RI, dan dia punya pengalaman dalam bidang sosial ekonomi. Sedangkan, Emil dia pemuda yang kami lihat adalah sosok yang cerdas dan punya konsep pas untuk membangun Jawa Timur," jelasnya.

Tak pelak, dengan adanya deklarasi dukungan pada diantara paslon ini, diakui akan memunculkan polemik pada peran pers yang dinilai media telah berpihak di ajang Pilkada. Karena itu, Tatang Istiawan buru-buru kembali menegaskan, jika ini adalah langkah sah dan telah sesuai dengan UU 40 tahun 1999. (ais)

Pilgub Jatim 2018 Khofifah Wartawan Senior