Jelang Debat Publik, Khofifah Ziarah Sunan Ampel

josstoday.com

Khofifah Indar Parawansa

JOSSTODAY.COM - Menjelang Debat Publik Pilgub Jawa Timur 2018 di Dyandra Convention Center, Selasa (10/4/2018) malam, Calon Gubernur (Cagub) Jatim nomor urut satu, Khofifah Indar Parawansa berziarah ke makam Sunan Ampel Surabaya.

Tampak Khofifah yang memakai baju bernuansa putih bawahan hitam, didampingi oleh tim pemenangan dan kiai terlihat khusyu saat membaca berziarah dan memanjatkan doa.

"Saya rasa sebaiknya kita selalu menyeiringkan ikhtiar kita dengan munajat kepada Allah. Supaya proses yang kita lakukan berseiring dengan turunya ridho Allah," ujar Cagub yang akrab disapa Khofifah usai berziarah.

Selain memohon ridho Allah, Khofifah mengaku jika kegiatan ziarah Sunan Anpel ini tidak dilakukannya hanya ketika menjelang acara-acara besar saja.

"Saya dari SMP itu biasanya kalau Kamis sore sepulang sekolah biasa langsung ke Sunan Ampel, saya bermalam disini sampai besok subuh karena setiap Jumat libur sekolah," aku Khofifah

"Ada juga salah satu ijazahnya Gus Dur (Alm KH Abdurahman Wahid). Ijazahnya Gus Dur itu antara lain ada wirit tertentu yang dibaca dengan tawasul Sunan Ampel sebelum tidur yaitu al-fatihah. Itu semacam kebutuhan spiritual kita untuk bersambung dengan para ali songo yang salah satunya adalah Sunan Ampel," imbuhnya.

Sementara itu, ditanya terkait kesiapan, Cagub yang berpasangan dengan Emil Elestianto Dardak itu mengaku tidak ada persiapan khusus. "Biasa aja, kalau materi saya ikut (alur)," pungkasnya. (ais)

Pilgub Jatim 2018 Debat Publik Khofifah Sunan Ampel