Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan, Lebih suka yang Mana?

josstoday.com

Kolak pisang

JOSSTODAY.COM - Ada banyak makanan dan minuman khas bulan Ramadhan yang tentunya akan membuat puasa anda semakin menyenangkan, karena pada saat sahur dan berbuka puasa anda disambut dengan makanan dan minuman Ramadhan yang istimewa dan spesial yang biasanya rasanya akan lebih nikmat kalau dimakan saat bulan Ramadhan. Mekipuun anda juga bisa aja sih menemukannya selain dibulan Ramadhan.

Berikut ini adalah kumpulan makanan dan minuman khas bulan Ramadhan yang paling populer, bahkan bisa dikataka sebagai makanan dan minuman khas Ramadhan yang menjadu favorit seluruh keluarga di Indonesia!

1. Kolang-kaling

Rasa buah ini kenyal tapi sedikit agak tawar. Karena itulah, masyarakat Indonesia biasanya menjadikannya manisan atau dicampur dalam kolak dan es campur. Popularitas buah kolang kaling di bulan puasa hampir sama dengan popularitas buah kurma, makanya penjuaan kolang kaling akan meningkat selama Ramadhan ini.

2. Kolak

Minuman khas ramadhan yang selanjutnya adalah sebuah minuman yang sangat erat kaitannya dengan menu buka puasa, hal ini karena kolak mempunyai rasa yang sangat manis sehingga sangat bagus jika di jadikan minuman berbuka puasa. Isi dari minuman kolak ini bisa sangat ramai, tergantung selera. Biasanya isi yang umum dari minuman khas ramadhan ini adalah pisang, ubi jalar dan bisa di kombinasikan dengan roti, selanjutnya di beri kuah yang manis. Tentu saja setiap daerah pada masa bulan ramadhan, memasukkan kolak sebagai menu buka puasanya. Sampai saat ini, kolak yang paling di kenal banyak orang atau populer adalah kolak pisang.

3. Kurma

makanan khas ramadhan yang pertama adalah buah kurma yang merupakan buah yang aslinya berasal dari tanah timur tengah. Buah kurma ini tentu saja mempunyai manfaat yakni misalkan saja mengatasi anemia, menjaga gigi dan tulang agar tetap sehat, mencegah stroke, juga mencegah jantung koroner, menjaga kesehatan mata, melancarkan buang air dan ternyata buah kurma mempunyai anti oksidan yang cukup tinggi.

Banyak sekali bukan manfaat dari buah kurma ini, karena yang manis-manis adalah makanan terbaik untuk berbuka puasa. Bahkan banyak orang ynag mengawali bukanya puasa dengan makanan khas ramadhan yang populer dengan nama kurma ini.

4. Cendol

Minuman khas bulan ramadhan yang ke tiga adalah sebuah minuman segar yang di namakan cendol yang merupakan salah satu minuman yang berasal dari Jawa Barat. Biasanya cendol di buat dengan bahan dasar tepung beras yang di mixing dengan santan, gula merah dan juga es batu. Biasanya warna dasar dari cendol adalah hijau putih, warna putih di hasilkan dari santan dan warna hijau berasal dari daun pandan.

Sampai saat ini cendol merupakan minuman khas ramadhan yang tidak bisa di pisahkan dengan menu berbuka puasa yang sangat menyegarkan. Anda bisa membuat cendol ini sendiri dengan mudah di rumah atau apabila anda tidak mau repot, anda bisa membeli minuman khas ramadhan ini pada orang jualan takjil di sekitar rumah anda.

5. Es Campur

Minuman segar di kala bulan Ramadhan yang selanjutnya adalah minuman yang sangat sering kita jumpai di warung-warung sederhana. Salah satu minuman segar yang murah akan tetapi sudah cukup untuk melepas dahaga, terlebih lagi es campur memiliki rasa yang manis jadi sangat cocok untuk menu berbuka puasa.

Komposisi yang ada dalam es campur seperti cendol, cincau hitam, kolang kaling, santan, es pasrah, susu dan sirip menjadikan es campur layak untuk di jadikan menu berbuka puasa. Es campur yang merupakan makanan khas ramadhan ini tentu akan sangat mudah untuk anda dapatkan di sekitar rumah anda yang menjual takjil.

6. Bubur

Makanan khas Ramadhan yang berikutnya adalah sebuah makanan yang cukup umum untuk di temui di Indonesia. Makanan yang bernama bubur ini biasanya pada saat bulan Ramadhan seperti ini sangat pas sebagai sajian berbuka puasa. Dan juga biasanya sajian bubur ini di jadikan sebagai menu takjil yang tentunya di olah dengan rempah-rempah dan bumbu yang khas di masing-masing tempat.

Akan sangat lezat rasanya jika olahan bubur ini di atasnya di beri tabruran suwiran ayam yang menambah rasa lezat di dalamnya. Anda bisa memakan makanan khas ramadhan ini pada saat sahur atau anda juga bisa memakan makanan ramadhan ini pada saat berbuka puasa.

7. Es Pisang Ijo

Salah satu minuman khas Ramadhan yang selanjutnya adalah minuman yang mempunyai rasa yang manis. Salah satu minuman manis khas Makassar yang di namakan pisang ijo ini mempunyai rasa yang sangat enak. Jika di lihat sekilas, pisang yang di balut dengan adonan tepung terigu berwarna hijau ini termasuk salah saru menu buka puasa yang sangat di nanti setiap orang. Biasanya di buat dari pisang raja yang kemudian dibungkus adonan tepung terigu yang telah diberi bahan pewarna hijau seperti misalkan dari pandan.

Dengan di campur dengan kuah santan, sirup coco dan es serut membuat minuman khas ramadhan ini semakin segar.

8. CinCau

Anda tentu sudah tahu Cincau bukan? Biasanya di jual di jalan-jalan dengan menu yang sudah jadi yakni es cincau. Ternyata Cincau merupakan sebuah makanan berjenis agar-agar yang di buat dari daun-daunan. Hasil dari olahan daun-daunan tersebut yang biasa di sebut tumbuhan mesona itu menghasilkan Cincau yang siap untuk menjadi santapan khas ramadhan yang populer di kalangan masyarakat indonesia.

Di dalam Cincau ternyata terdapat kandungan seperti misalkan saja alkaloid, tetrandine, protozoa dan masih banyak lagi yang lainnya. Khasiatnya terhadap tubuh bagi orang yang mengkonsumsinya seperti misalkan saja mengobati hipertensi, vertigo, demam, panas dalam, anti malaria, panas, maag dan ada orang yang mengatakan bahwa Cincau ini merupakan zat anti kanker yang sangat baik untuk tubuh. (is/ksks)

 

 

Makanan minuman khas puasa