Kane: Menang Adu Penalti Bakal Naikkan Moral Inggris

josstoday.com

Striker Timnas Inggris, Harry Kane (kanan) mencoba menghibur penyerang Kolombia, Falcao, setelah adu penalti di laga 16 besar Piala Dunia, Selasa, 3 Juli 2018.

JOSSTODAY.COM - Striker sekaligus kapten Timnas Inggris, Harry Kane, kemenangan lewat adu penalti yang diraih timnya atas Kolombia akan menaikkan moral pasukan “Tiga Singa” di Piala Dunia 2018 ini. Kemenangan di Moscow ini membawa Inggris perempat final. 

Kemenangan ini membawa Inggris menorehkan sejarah lepas dari kutukan adu penalti. Dalam enam dari tujuh adu penalti sebelumnya di kejuaraan utama, Inggris selalu kalah.

Inggris sebenarnya unggul lebih dulu pada menit ke-57 ketika Harry Kane menjebol gawang Kolombia dari titik putih. Namun saat semua pendukung Inggris siap berpesta, Kolombia mampu menyamakan skor melalui Yerri Mina pada menit 90+3.

Saat adu penalti, Jordan Henderson menjadi satu-satunya eksekutor Inggris yang gagal akibat aksi brilian David Ospina. Namun, sepakan Mateus Uribe di kubu Kolombia hanya menghantam mistar gawang sehingga kedudukan kembali sama kuat.

Setelah itu, kiper Jordan Pickford berhasil menepis satu tendangan penalti dan Eric Dier sukses menjalankan tugasnya sehingga Inggris lolos dengan catatan manis dalam sejarah mereka.

Enam gol yang telah dicetaknya membawa Kane bertengger sebagai pencetak gol terbanyak di Piala Dunia 2018 ini. Dia unggul dua gol atas penyerang Belgia, Romelu Lukaku. Namun striker Tottenham Hotspur ini lebih fokus pada peluang timnya. Inggris akan berhadapan dengan Swedia, Sabtu (7/7), untuk memperebutkan satu tempat di semifinal.

“Saya sangat bangga. Kami tak beruntung karena kebobolan di menit terakhir. Ini menunjukkan kebersamaan dan karakter kami,” ujar Kane.

“Ini adalah momen saat Anda benar-benar melihat hal itu. Ini malam hebat bagi kami. Apalagi kami tahu sejarah Inggris dalam adu penalti tidaklah bagus. Sangat menyenangkan bisa meninggalkan catatan buruk itu di belakang kami,” imbuh Kane.

“Kami telah berkembang sangat bagus di lapangan malam ini. Naik-turun bahkan saat adu penalti,” kata kane.

Golnya pada menit ke-57 membawa Kane menyamai rekor Tommy Lawton yakni mencetak gol dalam enam pertandingan beruntun untuk Timnas Inggris. Rekor ini sudah bertahan 79 tahun.

“Benar-benar bangga,” kata Kane setelah menyamai rekor itu. “Saya berharap ini bisa berlanjut. Saya ingin bekerja lebih baik dan lebih banyak. Saya ingin membantu tim dan kami kini menatap pertadingan selanjutnya,” kata striker berusia 24 tahun ini. (is/b1)

Piala dunia 2018