Timnas U-19 Amankan Satu Tempat di Semifinal

josstoday.com

Selebrasi pemain Timnas U-19, M.Rafli Mursalim (kiri) usai mencetak gol ke gawang Vietnam dalam lanjutan pertandingan grup A di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (7/7/2018). (Josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - Timnas Sepak Bola Indonesia U-19 berhasil mengamankan satu tempat di babak semifinal Piala AFF U-19 2018. Dalam pertandingan penentu grup A di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (7/7/2018), Timnas sukses mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0.

Adalah pemain pengganti, Muhammad Rafli Mursalim yang menjadi penentu kemenangan Timnas di menit ke-81, usai mendapat bola muntah tepat di kakinya.

Sejak babak pertama berlangsung, tim besutan Indra Sjafri dipaksa bermain bertahan oleh Vietnam yang mendominasi permainan. Indonesia pun terpaksa hanya mengandalkan serangan balik. Namun alih-alih mencetak gol, serangan Timnas mudah diantisipasi pemain belakang Vietnam.

Indonesia baru bisa keluar usai turun minum. Perubahan strategi dengan memasukkan Todd Rivaldo Albert Ferre yang menggantikan Lutfi Kamal, dan Muhammad Rafli Mursalim yang menggantikan Feby Eka Putra, berhasil merubah gaya permainan Timnas.

Pergerakan yang dilakukan Todd Rivaldo kerap merepotkan pemain bertahan Vietnam. Hingga akhirnya, pada menit ke-81 pergerakan cepatnya dengan tendangan kerasnya yang menabrak tiang atas berhasil dimanfaatkan Rafli Mursalim menjadi gol.

Menanggapi hasil pertandingan, Indra Sjafri mengatakan ini merupakan pembelajaran baik ketika menghadapi tim yang bermain menyerang.

"Kami mendapatkan pelajaran yang banyak dari pertandingan hari ini. Apalagi, kita tampil dengan beberapa pemain cedera, tapi anak-anak masih bisa tampil baik pada malam ini," ujar Indra usai pertandingan.

Selain itu, dengan hasil ini Indra mengatakan jika timnya bisa tidur nyenyak karena sudah pasti melangkah ke semifinal, meski masih menyisahkan satu pertandingan.

Pada pertandingan terakhir grup A, Timnas akan menghadapi Thailand di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Senin (9/7/2018). (ais)

Piala AFF 2018 Indonesia Vietnam