Polri dan TNI Jamin Asian Games 2018 Aman

josstoday.com

Rapat koordinasi pengamanan Asian Games bersama Panglima TNI, BIN, dan panitia pelaksana Asian Games (Inasgoc), di Jakarta, Senin (30/7/2018).

JOSSTODAY.COM - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto menjamin pelaksanaan Asian Games terutama di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Selatan, dan Banten berlangsung aman dan kondusif. Begitu juga untuk pengamanan di wilayah lain seluruh Polda di Indonesia telah dioptimalkan.

Menjelang Asian Games, ujar Tito, pihaknya telah melakukan berbagai pengamanan melalui operasi antiteror dengan menangkap 242 terduga teroris, 21 di antaranya tewas ditembak karena melawan saat akan ditangkap.

Polri juga telah melakukan penangkapan ribuan preman pada berbagai wilayah di Indonesia melalui operasi khusus terutama di Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Selatan, dan Banten.  Sebanyak 15 preman tewas karena melawan saat hendak diringkus.

“Namun demikian kami mengimbau masyarakat untuk terus waspada dan melaporkan peristiwa sekecil apa pun kepada petugas setempat. Polri bersama TNI siap mengamankan Asian Games,” ujar Kapolri di sela acara rapat koordinasi pengamanan Asian Games bersama Panglima TNI, BIN, dan panitia pelaksana Asian Games (Inasgoc), di Jakarta, Senin (30/7) . Hadir pula seluruh Pangdam dan Kapolda di wilayah ibukota, Jawa Barat, Sumatera Selatan dan Banten.

Menurut Kapolri, Asian Games menjadi perhelatan internasional sehingga pengamanan di Indonesia sebagai tuan rumah harus dioptimalkan. Kapolri menambahkan, telah memerintahkan kepada jajaran Polri apabila melihat segala bentuk ancaman termasuk dari kelompok apa pun jangan segan mengambil tindakan tegas.

Panglima TNI Jenderal Pol Hadi Tjahjanto menambahkan, TNI sudah mengerahkan pesawat dan peralatannya untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan, serta terus memantau titik api di wilayah yang terdampak. (fa/b1)

Asian Games 2018