Indonesia Tantang Thailand Di Babak Final

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Timnas Indonesia U-16 akan menantang Thailand di babak final Piala AFF U-16 2018. Hasil itu dipastikan setelah Indonesia berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor 1-0 pada babak semifinal di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (9/8/2018).

Memulai pertandingan kedua tim bermain dengan sangat rapat terbukti dalam 20 menit awal tidak ada satupun serangan yang mengancam masing-masing gawang. Permainan pun banyak berputar-putar di tengah lapangan, lini pertahanan kedua tim juga tampil baik dalam mengantisipasi serangan lawan.

Lepas 20 menit Indonesia berhasil melepaskan diri pertahanan Malaysia yang cukup rapat berapa kali Fathur Rachman, Bagas Kaffa, dan Supriyadi berhasil mengocar-ngacir lini pertahanan Malaysia. Supriyadi berhasil membuka peluang di menit ke-29, namun tendangan jarak jauhnya masih tipis di atas gawang Malaysia.

Tak lama berselang Supriyadi kembali mendapatkan peluang emas, umpan cantik yang diberikan oleh Bagus Kahfi ditendang dengan baik oleh Supriyadi, sayang tendangannya masih membentur mistar gawang Malaysia. Babak pertama pun ditutup dengan skor 0-0.

Di babak kedua, Indonesia masih mendominasi jalannya pertandingan. David Maulana dkk pun mengurung hingga permainan lawan dengan melakukan berbagai serangam. Namun, karena rapatnya lini pertahanan Malaysia membuat Indonesia banyak melakukan tendangan jarak jauh.

Indonesia akhirnya mendapat momentum mencetak gol di menit ke-70 ketika Supriadi yang lebih cepat mengambil bola daerah. Lepas dari pengawalan ia berhadapan langsung dengan kiper di dalam kotak penalti, terjangan kiper kepada Supri dianggap pelanggaran oleh wasit. Bagus Kahfi yang menjadi eksekutor berhasil memastikan kemenangan Indonesia.

Pasca pertandingan, Pelatih Indonesia, Fakhri Husaini mengaku jika timnya bermain cukup berat malam ini.

"Malaysia tim yang kuat, kita mendapat banyak peluang tapi tidak ada yang jadi gol. Pertahanan mereka juga sangat kuat. Namun, kami mempunyai cara lain untuk bisa mencetak gol," ujar Fakhri.

Menurutnya pada malam ini pemainnya tidak ada kendala apapun selama pertandingan sehingga cukup sulit menjebol gawang Malaysia. Malah Fakhri menilai jika timnya bermain sesuai instruksi.

Dengan hasil ini Indonesia akan menantang Thailand yang pada babak semifinal menang atas Myanmar dengan skor 1-0. (ais)

Piala AFF 2018 Indonesia Malaysia