Parlemen Dorong Peningkatan Peran Perempuan dalam Kegiatan Ekonomi

josstoday.com

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDIP, Evita Nursanty (ketiga dari kiri) berofot bersama peserta lain yang menghadiri Pertemuan Parlemen Tingkat Tinggi di Sidang Tahunan IMF dan World Bank di Nusadua, Bali, Senin, 8 Oktober 2018.

JOSSTODAY.COM - Sejumlah anggota DPR RI menghadiri Pertemuan Parlemen Tingkat Tinggi di Sidang Tahunan Dana Moneter Internasonal (IMF) dan Bank Dunia (World Bank) di Nusadua, Bali, pada 8-9 Oktober 2018. Mereka mendorong agar peran peremuan dalam kegiatan ekonomi terus ditingkatkan.

Pada pertemuan tersebut, anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Evita Nursanty menjadi pembicara pada sesi bertema "Partisipasi Perempuan dalam Pertumbuhan Ekonomi". Berdasarkan dara Organisasi Buruh Internasional (ILO), sebanyak 865 juta perempuan memiliki potensi untuk memaksimalkan kontribusi mereka dalam pembangunan ekonomi.

"Partisipasi perempuan telah terbukti mampu memberdayakan keluarga dan lingkungannya," ujar Evita dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Selasa (9/10). Politisi PDIP tersebut menjelaskan bahwa memastikan pendidikan bagi kaum perempuan memiliki peran penting dalam meningkatkan partisipasi mereka di bidang ekonomi.

Kebijakan yang dapat diambil dalam rangka meningkatkan pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi, antara lain dengan memberikan akses bagi perempuan, terutama untuk layanan keuangan digital. "Juga memastikan perempuan mendapatkan hak-hak sosial maupun ekonomi, melawan segala bentuk diskriminasi atas perempuan, serta menyediakan data yang terpisah antara perempuan dan laki-laki agar dapat tercipta kebijakan yang terarah," ujarnya.

Pembicara lain pada sesi itu, antara lain Chief Executive Officer of World Bank Kristalina Georgieva dan General Counsel dan Director, Legal Department IMF, Rhoda Weeks-Brown. Mereka membahas lebih lanjut tentang peran perempuan yang sangat signifikan dalam pertumbuhan ekonomi di banyak negara. (fa/b1)

ekonomi kegiatan ekonomi perempuan