Banyak Hoax Beredar Pascagempa Minggu (7/10)

josstoday.com

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho.

JOSSTODAY.COM - Berbagai kejadian musibah bencana alam di Indonesia masih diisi dengan kabar berita bohong atau hoax yang cukup meresahkan masyarakat. Tidak hanya di bencana alam Lombok, hoax juga terus bertebaran pasca gempa di Palu, Donggala, dan Bulukumba

"Beredar banyak video dan foto dampak gempa M (Magnitudo) 5,2 di Palu dan M 4,8 di Bulukumba yang menggunakan video dan foto gempa M 7,4 di Donggala sehingga meresahkan masyarakat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, di Jakarta, Selasa (9/10).

Dijelaskan, memang telah terjadi gempa dengan kekuatan M 5,2 di Palu pada Selasa (9/10) pukul 04.15 WIB dan gempa dengan kekuatan M 4,8 di Bulukumba Sulsel pada Minggu (7/10) pukul 15.40 WIB.

Namun, menurut Sutopo, kedua gempa tersebut tidak menimbulkan dampak merusak dan korban jiwa. Namun, oleh oknum disebarkan video dan foto-foto di medsos bahwa gempa tersebut menyebabkan jalan terbelah, rumah hancur, dan kepanikan luar biasa.

"Video dan foto tersebut adalah dokumentasi dampak gempa M 7,4 di Donggala yang terjadi pada 28 September sore," ucap Sutopo.

BNPB mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak langsung mempercayai berita yang beredar di media sosial (medsos). Dipastikan, jika gempanya kecil tidak akan sampai menimbulkan dampak.

"Hampir setiap hari terjadi gempa di Indonesia. Rata-rata 5.000 hingga 6.000 kali kejadian gempa dalam setahun di Indonesia. Jadi jangan terlalu takut dan berpikir negatif saat mendengar adanya informasi ada gempa. BNPB dan BMKG pasti menyampaikan kepada masyarakat," ujarnya. 

Dalam gempa berkekuatan 5,2 SR yang telah terjadi tadi pagi di 5 km timur laut di kota Palu dirasakan cukup kuat selama lima detik dan masyarakat setempat sempat panik. Namun dipastikan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami dan BNPB sendiri belum menerima laporan adanya korban dan kerusakan akibat gempa. (ba/b1)

Gempa Palu