Pemindahan Dubes Australia, Menlu: Tetap Dukung Palestina

josstoday.com

Menlu, Retno Marsudi. (Josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - Republik Indonesia (RI) menegaskan diri akan tetap memberi dukungan penuh kepada Palestina dari berbagai ancaman negara lain. Hal itu ditegaskan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi, saat ditemui usai mengisi acara Talkshow #MenluRetno di Aula Garuda Mukti Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya, Sabtu (24/11/2018).

Ketegasan itu ia sampaikan pasca munculnya isu pemindahan Kedutaan Besar dari Tel Aviv ke Jerussalem (Ibu Kota Palestina yang kini diakui oleh Israel sebagai bagian negaranya), yang disampaikan oleh Prabowo Subianto terhadapt pemindahan itu.

"Untuk pemindahan kedutaan, saya belum membaca soal keputusan Australia memindahkan kedutaannya ke Yerusalem. Kami sebagai pendukung Palestina, kami tentu punya pendapat sendiri. Tapi, Australia juga merupakan negara independen dan berdaulat, maka kita harus menghormati kedaulatan mereka,” ucap Prabowo usai berbicara di kegiatan Indonesia Economic Forum (IEF) di Hotel Sangri-La, Jakarta pada Rabu (21/11/2018).

Mendengar hal itu, Retno Marsudi enggan memberi tanggapan. "Kita harus dukung Palestina," ujar wanita yang juga bagian dari Anggota Tidak Tetap Dewan Kehormatan PBB itu.

Hanya saja, Retno tidak memberikan pernjelasan lebih lengkap terkait dukungan yang diberikan. Yang pasti ia hanya kembali pada prinsip awal tetap membantu Palestina dari ancaman negara lain.

Saat disinggung terkait hubungan Indonesia dengan Australia, Retno memastikan jika akan baik-baik saja. "(Hubungan) nanti kita lihat. Kita tetangga dekat. Tapi kita tetap sampaikan prinsip kita kita sampaikan posisi kita," pungkasnya. (ais)

Dubes Australia Indonesia Palestina Retno Marsudi