CLS Raih Kemenangan Perdana Di ABL 2018

josstoday.com

Pemain CLS, Montay Brandon (putih) berhasil menembus barisan pertahanan Hongkong Easter dalam lanjutan ABL 2018 di GOR Kertajaya, Surabaya, Sabtu (24/11/2018). (Josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - CLS Knights Indonesia berhasil meraih kemenangan perdana di ajang Asean Basketball League (ABL) 2018. Adalah Hongkong Eastern yang menjadi korban pertama dengan skor 87-78 di GOR Kertajaya, Surabaya, Sabtu (24/11/2018).

Membuka permainan kedua tim masih beradaptasi dengan kondisi lapangan. Beberapa kali jual beli serangan dilakukan kedua tim. Keberadaan Samuel Deguara di tim Eastern menjadi pembeda, pertahanan menjadi kuat sulit ditembus pemain-pemain CLS.

Namun, setelah lima menit berlangsung CLS tampil beda. Strategi tembakan tiga angka dari Brandon Jawato, Wong Wei Long, dan Stephen Hurt menjadi menjadi solusi menembus pertahanan lawan. CLS pun memimpin 25-17.

Di kuarter kedua, Eastern mulai menemukan ritme permainanya. Jika kuarter sebelumnya mereka tidak mampu mencetak poin dari tembakan tiga angka, kali ini Lee Ki dkk menghujani jala CLS Knights dengan total lima kali tembakan tiga angka guna menipiskan margin kekalahan hingga defisit satu bola saja (38-39). Untungnya sebelum jeda babak pertama usai, Brandon Jawato berhasil menambah dua poin, membuat skor babak pertama menjadi 41-38.

Usai turun minum, skuad yang bermarkas di Surabaya itu langsung unggul 9 poin dari tiga tembakan three point. Sayang, permainan CLS agak kendor karena konsentrasi menurun. Beberapa kali kesalahan passing terjadi dan bisa dimanfaatkan lawan menjadi skor. Eastern balik unggul 58-60.

Memasuki kuarter terakhir, permainan CLS berubah. Permainan umpan cepat dipadu dengan tembakan akurat menjadi senjata yang positif. Bahkan, CLS mendapat aksi dunk dari Montay Brandon, dan aksi lay up cantik dari Maxie Esho yang semakin mengangkat moral tuan rumah. CLS pun menang dengan skor 87-78.

Melihat hasil ini, Brian Rowsom selaku pelatih mengaku bangga karena anak asuhnya memperlihatkan perkembangan dari pertandingan sebelumnya.

"Hari ini kami bermain dengan baik. Passing bola juga berjalan lebih bagus dari pada pertandingan sebelumnya. Tapi salah satu kunci kemenangan tadi adalah para pemain saling percaya satu sama lain dan kinerja tembakan tiga angka kami cukup bagus (13 kali menghasilkan angka),” ujar pelatih Brian Rowsom.

Hasil ini pun menjadi suntikan motivasi bagi CLS yang akan kembali menghadapi Saigon Heat di GOR Kertajaya, Rabu (28/11/2018). Sebelumnya, pada pertandingan pembuka CLS menyerah dengan skor 80-82. (ais)

ABL 2018 CLS Knights Indonesia Hongkong Eastern