Panglima TNI: Jaga Netralitas pada Pemilu 2019

josstoday.com

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto

JOSSTODAY.COM - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengingatkan seluruh jajaran prajurit TNI untuk tetap menjaga netralitas selama pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Meski demikian, Panglima juga mengingatkan bahwa TNI memiliki peran satuan wilayah yang sangat penting dalam menjaga proses pemilu agar berjalan lancar dan aman.

Hal itu dikatakan Marsekal Hadi Tjahjanto di hadapan 510 peserta apel Danrem dan Dandim Terpusat 2018 dengan tema “Kebijakan TNI Bidang Teritorial” di Gedung Kartika Eka Paksi, Markas Pusat Persenjataan Infanteri (Mapussenif) Kodiklat TNI AD, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (26/11).

Panglima mengatakan, fungsi teritorial TNI adalah sebagai jembatan pertahanan untuk selalu berkomunikasi dan berkoordinasi di masa damai, sehingga pada akhirnya akan siap dan saling mendukung serta membutuhkan. Hal itu sejalan dengan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, di mana salah satu tugas TNI Angkatan Darat adalah melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat dan memberdayakan wilayah pertahanan beserta dengan sumber dayanya untuk mendukung pertahanan negara.

Di sisi lain, Panglima TNI menyampaikan bahwa peran satuan wilayah sangat penting dalam menjaga proses pemilu berjalan dengan lancar dan aman. Dalam hal ini, tentunya prajurit TNI harus menjaga netralitas tanpa berpihak pada kontestan mana pun. "Untuk itu, saya instruksikan kepada prajurit TNI di mana pun berada, pertama, laksanakan fungsi teritorial dengan baik di wilayah masing-masing agar Pemilu 2019 dapat berjalan dengan aman dan lancar, sehingga secara tidak langsung TNI juga turut serta dalam membina sistem demokrasi yang berkualitas," ujarnya.

Kedua, kata Marsekal Hadi, tetap jaga netralitas TNI dalam pelaksanaan pemilu mulai dari tahap kampanye sampai dengan selesai penghitungan suara, sehingga tidak terjadi benturan sedikit pun, yang akhirnya memiliki penilaian negatif terhadap TNI. Ketiga, terus pertahankan kesiapsiagaan komando kewilayahan dan aparat teritorialnya, sehingga akan selalu siap mengatasi berbagai macam permasalahan, seperti bencana alam yang terjadi akhir-akhir ini.

Keempat, terus bersinergi baik ke atas, ke bawah, dan ke samping dengan sesama satuan TNI, Polri, pemerintah daerah maupun swasta serta seluruh masyarakat. Sebab, sinergi pada dasarnya adalah sinkronisasi nice energy atau energi dari berbagai pihak yang disinkronisasikan untuk mencapai satu tujuan, yaitu kejayaan dan keselamatan NKRI. (ba/b1)

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto