Edukasi Anak Lebih Mudah Lewat Permainan Tradisional

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Permainan tradisional perlahan mulai bergeser dan tergantikan oleh kehadiran gawai. Anak kini lebih sering bermain gawai daripada melakukan aktivitas fisik di luar ruangan. Padahal lewat permainan, orang tua lebih mudah mengajarkan anak hal-hal positif. 

Faktanya, banyak juga manfaat yang didapat dengan melakukan aktivitas fisik di luar ruangan. Kondisi inilah yang menimbulkan kekhawatiran bagi orang tua.

Melihat pentingnya edukasi tersebut, belum lama ini Madurasa Fitkidz mengadakan sebuah kompetisi Fit Olympic yang digelar di Lapangan Denggung Sleman Yogyakarta. Sebelumnya acara serupa juga telah sukses diadakan di kota Solo.

Fit Olympic merupakan kompetisi seperti olimpiade untuk permainan tradisional yang diikuti oleh anak-anak sekolah dasar. Ada 3 cabang permainan tradisonal yang dipertandingkan yaitu Bola Gebok, Gobak Sodor, dan Balap Karung Estafet.

"Melalui Fit Olympic, kami ingin mengajak anak-anak dan orang tua untuk bermain dan beraktivitas bersama di luar ruangan, sekaligus melestarikan permainan-permainan tradisional yang sudah mulai dilupakan," ujar Prima Sukma Setiawan selaku Director Marketing PT Madurasa Unggulan Nusantara, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (30/4/2019).

Ia menjelaskan, dengan kompetisi ini PT Madurasa Unggulan Nusantara ingin mengajak anak-anak tetap sehat. Jika badan anak-anak sehat, maka mau melakukan apa saja atau mau menjadi apa saja jadi asyik. 

Sementara untuk jenis permainan yang dipilih, sengaja menonjolkan konsep main sambil kerja sama. Lewat tiga jenis permainan tersebut anak-anak diajak untuk belajar berinteraksi dengan temannya. Anak juga diajarkan untuk bermain jujur dan sportif. (gus/b1)

Permainan anak permainan tradisional