Khofifah Berikan Hadiah Khusus Bagi Buruh Kurang Mampu

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, memberikan hadiah khusus kepada seluruh keluarga buruh yang kurang mampu pada peringatan Hari Buruh 2019. Hal itu ia sampaikan usai menemui massa buruh dalam aksi yang digelar di depan Kantor Gubernur Jatim, Surabaya, Rabu (1/5/2019)

Gubernur yang akrab disapa Khofifah itu mengatakan, jika hadiah itu diberikan berdasarkan Permendikbud Nomor 51 tahun 2018 terkait pemberian bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu atau penyandang disabilitas.

“Saya sampaikan kepada mereka, kami ingin memberikan hadiah kepada keluarga buruh atau pekerja yang tidak mampu, dan juga yang difabel. Bahwa kita ada kuota lima persen khusus bagi anak-anak mereka yang akan masuk ke SMA/SMK negeri di seluruh Jawa Timur,"kata Khofifah.

Mantan Menteri Sosial di Kabinet kerja Joko Widodo-Jusuf Kalla ini menyebut, anak-anak buruh yang sudah di kelas 3 SMP atau MTs bisa memanfaatkan kuota khusus lima persen ini untuk bisa masuk SMA/SMK negeri.

Dengan begitu, Khofifah optimis, jika program yang akan diluncurkan saat peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) itu akan mempermudah para anak buruh dan pekerja yang tidak mampu untuk bisa mengakses pendidikan berkualitas.

Terlebih jika sudah masuk ke SMA/SMK negeri, mereka tidak akan terbebani soal biaya. “Jadi sudah nggak pakai SPP. Kalau sudah masuk SMA /SMK negeri, maka mereka akan mendapatkan dan menguasai pendidikan yang sesuai dengan revolusi industri 4.0," pungkasnya. (ais)

Hari Buruh May Day Khofifah