Khofifah: Stok BBM Aman Selama Bulan Ramadhan

josstoday.com

istimewa.

JOSSTODAY.COM – Jelang memasuki bulan Ramadhan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, memastikan jika ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) sejak awal hingga akhir puasa dipastikan aman.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, jika saat ini stok kebutuhan bahan bakar sudah dipetakan oleh Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dan sudah direncanakan untuk pembuatan terminal khusus di kawasan perbatasan antara Jawa Timur dengan Jawa Tengah.

“Saya ingin menyampaikan bahwa stok BBM termasuk gas juga sangat cukup di Jawa Timur. Nanti akan ada titik-titik terminal utama yang kita siapkan di perbatasan seperti Tuban dan Ngawi, maupun sentralnya Surabaya sendiri,” ujar Khofifah, Jumat (3/5/2019).

Ia pun memastikan, jika para pemudik yang akan masuk atau keluar dari Jatim selama bulan Ramadhan, utamanya saat arus mudik dan balik tidak perlu khawatir akan kelangkaan bahan bakar.

Sementara itu, Kepala Dinas ESDM Jatim, Setiajit menjelaskan, jika saat ini kertesediaan BBM yang ada di Jawa Timur sudah bisa menutupi kebutuhan selama bulan Ramadhan. Ia menyebutkan, jika ketersediaan premium saat ini 223.532 kilo liter, solar 195.924 kilo liter, biosolar 8.606 kilo liter, pertamax 2012.912 kilo liter, pertamax turbo 4.776, Dex 5.914, pertalite inline campuran (40 persen premium dan 60 persen pertamax), serta Dexlite inline campuran (50 persen solar dan 50 persen Dex).

“Nah karena kenaikan kendaraan operasional di dalam bulan Ramadhan dan lebaran naiknya sampai 5- 15 persen. Sehingga, disiapkan bahan bakar minyak itu 10-15 persen dari kebutuhan yang ada. Ini ketersediaan yang diperlukan saat lebaran saja,” jelasnya.

Sedangkan untuk ketersediaan gas, lanjut Setiajit, juga dalam kondisi yang aman bahkan diprediksi masih akan ada sisa yang cukup.

“Kapasistas tangki (elpiji) 119.200 matric ton. Sementara, penyaluran perharinya ada sekitar antara 3.820-4.340 matric ton. Artinya, ada sisa cukup banyak. Artinya apa yang diharapkan masayrakat semua bisa terpenuhi,” pungkasnya. (ais)

Bulan Ramadhan Gubernur Jawa Timur Khofifah BBM