Hari Pramuka, Khofifah Ingin Pramuka Dikenal Sejak Usia Dini

josstoday.com

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawasa. (Josstoday.com)

JOSSTODAY.COM - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mendukung adanya gerakan Pramuka Pra Siaga yang hari ini diagendakan berlangsung peluncuran yang dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Ia menjelaskan, jika program ini sangat penting dalam membentuk karakter pemuda sejak usia dini yang berkualitas.

"Jadi di bawah umur 7 tahun diharapkan masuk dalam peluncuran gerakan. Artinya gerakan pramuka dimulai dari PAUD. Di struktur namanya Pra Siaga," jelas Gubernur yang akrab disapa Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (14/8/2019).

Khofifah mengatakan, jika Pramuka ini mengajarkan banyak hal terkait jiwa cinta tanah air yang harus ditanamkan kepada seluruh anak bangsa.

Tak hanya itu, dengan berorganisasi di pramuka akan turut menjauhkan anak muda dari hal negatf seperti pengunaan narkoba, serta tindakan radikal karena ditanamkan berbagai hal.

Di sisi lain, Pramuka diharapkan dapat ikut membantu mengatasi berbagai permasalahan yang ada. Seperti dalam menjaga lingkungan.

"Gerakan Pramuka harus memiliki sensifitas terhadap sampah. Terutama sampah plastik, dan pastikan kita bisa melakukan daur ulang," ujarnya.

"Kemudian, antisipasi gerakan pramuka sercara signifikan terhadap bencana alam. Maka yang diharapkan seluruh gerakan pramuka diharapkan bisa berkoordinasi dengan seluruh instansi yang punya kewenangan bencana alam," pungkasnya.

Ia pun berharap dengan peringatan ke-58 ini dapat membuat Pramuka terus bersemangat untuk bersama-sama menjaga kondisi dan memajukan bangsa. (ais)

Hari Pramuka Khofifah