Massa Melanesia Tuntut KontraS Bersikap Obyektif Terhadap Masalah Papua

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Kelompok yang menagatasnamakan Keluarga Besar Masyarakat Melanesia Surabaya kembali melakukan aksi. Kini, aksi dilakukan di kantor KontraS Surabaya, Jl Hamzah Fansyuri, Surabaya, Jumat (30/8/2019). Setelah sebelumnya melakukan aksi di kantor LBH Surabaya.

Aksi kembali dilakukan sebagai bentuk kekecewaan seluruh Melanesia atas statement dari KontraS yang dianggap semakin memperbesar masalah Papua.

"Jangan KontraS mancing air keruh. Statemen jangan memprovokasi," kata koordinator aksi Uyang Salamene usai aksi.

Ia mengatakan, aksi tersebut adalah bentuk kepedulian Melanesia terhadap Indonesia. Karena itu, aksi ini hanya menuntut agar KontraS dapat menberikan tanggapan seobyektif mungkin. Namun, apa yang diharapkan oleh massa untuk menyatakan sikap ke-Indonesiaan ditolak oleh KontraS.

"Kita sama-sama Indonesia dan mari sama-sama keluar menyatakan kita Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tapi mereka menolak. Mereka katanya punya legalitas, wong nyatakan Indonesia saja masak butuh legalitas," sesalnya.

Karena itu, ia menegaskan akan kembali melakukan aksi yang serupa besok dengan massa yang lebih besar.

Sementara itu, Fatkul Khoir selaku koordinator KontraS Surabaya mengatakan, jika ada kesalahpahaman dalam memaknai berita sehingga melakukan aksi. Padahal, KontraS dinilainya sudah bertindak seobjektif mungkin.

"Mereka mungkin salah membaca statemen di media dan lain sebagainya. Dan perlu kami tegaskan, kami akan tetap melakukan pembelaan kepada siapapun yang merasa haknya dilanggar oleh negara. Prinsip kami tidak akan tunduk atau takut pada siapapun yang mencoba intervensi apa yang kami lakukan," kata Fatkul.

Pihaknya juga mempersilahkan kepada massa Melanesia untuk mengambil langkah lebih tegas dengan membawa ini ke ranah hukum jika dirasa ada pemberitaan yang berbau pidana. Dengan aksi ini, dirasa semakin memperkeruh suasana ditengah kondisi yang masih panas.

Sementara terkait dengan desakan pernyataan sikap ke-Indonesiaan, Fatkul merasa tanpa keluar pun KontraS adalah bagian dari NKRI dan mengakui NKRI. (ais)

Papua Melanesia KontraS KontraS Surabaya