Ini Cara Unik Polda Jatim Ademkan Aksi Demonstrasi

josstoday.com

Peserta aksi berfoto bersama tim gabungan pengamanan di Gedung DPRD Jatim, Surabaya, Rabu (2/10/2019). (Josstoday.com)

JOSSTODAY.COM - Polda Jawa Timur kembali melakukan hak unik dalam melakukan pengamanan secara preventif terhadap aksi damai yang dilakukan sejumlah kelompok buruh se-Jatim di Gedung DPRD Jatim, Jl. Indrapura, Surabaya, Rabu (2/10/2019).

Sebelumnya dalam aksi damai mahasiswa, Polda Jatim menurunkan pasukan Polwan Asmaul Husna. Kini, langkah baru adalah menambah pasukan yang membawa tulisan berupa sambutan, dan ajakan untuk menjaga kondusifitas.

Di mana beberapa di antaranya bertuliskan 'Buruhku Anti Kisruh', 'Luweh Enak Koncoan Timbang Musuhan Seduluran Selawase' (lebih enak berteman daripada musuhan bersaudara selamanya), 'Selamat Datang Dulur-Dulur Kabeh' (selamat datang saudara-saudara selamanya), 'Nek Demone Ayem Oleh Foto Karo Aku' (kalo demonya tentram boleh foto karo aku).

Tampak, sekitar 40 pasukan dengan tulisan yang diturunkan mampu menarik antusias para demonstran untuk berfoto bersama.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan, pengamanan ini merupakan langkah preventif agar dapat memberikan rasa aman dan nyaman. Sehingga, tidak muncul kerusuhan.

"Hari ini tampil anggota membawa himbauan-himbauan. Tidak kalah dengan demonstran pendomo yang membawa tulisan. Ternyata polwan kita punya ide dan saya persilahkan dengan membawa tulisan himbauan. Dan hari ini kita bisa lihat ternyata pendemo yang senang, bahkan banyak yang minta selfie," kata Kapolda Jatim.

Ia berharap, apa yang dilakukan Polda Jatim saat ini dapat dijadikan sebagai pilot project untuk melakukan pengamanan demonstrasi dengan lebih preventif. Sehingga, tercipta suasana yang lebih kondusif.

Karena tindakan yang preventif, para demonstran menyampaikan apresiasi terhadap tim gabungan keamanan yang mampu mengamankan jalannya aksi yang berakhir damai. (ais)

Polda Jatim Demo Buruh