Waspadai Meluasnya Potensi Hujan Lebat Jelang Akhir Tahun

josstoday.com

Ilustrasi

JOSSTODAY.COM - Masyarakat perlu terus meningkatkan kewaspadaan akan potensi hujan lebat menjelang akhir tahun 2019. Sejumlah wilayah Indonesia sudah masuk musim penghujan di Bulan Desember 2019 ini. Untuk itu potensi bencana hidrometeorogi seperti banjir dan longsor perlu diwaspadai.

Kepala Bidang Analisis Variabilitas Iklim Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Indra Gustari mengatakan, untuk prediksi daerah-daerah yang memiliki potensi hujan lebat pada akhir Desember 2019 antara lain pantai barat Sumatera mulai dari Sumatera Utara sampai sebagian utara Lampung, sebagian besar Jawa, kecuali bagian selatan Jawa Barat, Jawa Timur dan Yogyakarta yang hanya mengalami hujan kategori ringan.

Sedangkan bagian tengah Kalimantan, bagian tengah dan tenggara Sulawesi dan bagian tengah Papua akan mengalami hujan lebat.

"Waspada banjir dan longsor perlu ditingkatkan pada musim hujan ini, khususnya di daerah-daerah yang berpotensi hujan lebat tersebut," kata Indra di Jakarta, Selasa (17/12).

Sementara itu untuk potensi cuaca beberapa hari ke depan hingga 18 Desember 2019 potensi hujan sedang hingga lebat semakin meluas ke sejumlah wilayah di Indonesia.

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Fachri Radjab mengungkapkan, saat ini massa udara basah di lapisan rendah terkonsentrasi di sebagian besar Sumatera, sebagian besar Kalimantan, sebagian besar Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, sebagian besar Sulawesi, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Sedangkan daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang/kuat terdapat di Aceh, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan dan Papua.

"Untuk potensi hujan lebat pada 17 Desember 2019 akan terjadi Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Papua Barat," paparnya.

Sedangkan wilayah yang akan dilanda hujan lebat disertai angin kencang dan kilat akan melanda Aceh, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimanyan Utara, Kalimantan Selatan dan Papua.

Prediksi hujan lebat di sertai angin kencang juga masih akan terjadi pada 18 Desember 2017 di wilayah tersebut kecuali Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali yang tidak dilanda hujan.

BMKG terus mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan. (gus/b1)

BMKG Waspa hujan musim hujan