Kapolda Papua : Meresahkan, Aksi Kelompok Kriminal Bersenjata Segera Ditindak Tegas

josstoday.com

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw (kiri) menyalami anggota TNI di sela-sela upacara apel gabungan di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Senin, 14 Oktober 2019.

JOSSTODAY.COM - Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw menyebut, ratusan warga yang mengungsi menandakan bahwa aksi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di wilayah Tembaga sudah sangat meresahkan warga, sehingga harus ditindak tegas.

Hal itu dikatakan Kapolda ketika bersama Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab menuju Tembagapura untuk meninjau langsung ratusan warga yang mengungsi dari Kampung Longsoran, Kampung Batu Besar, dan Kampung Kimbeli menuju Polsek Tembagapura, Sabtu (8/3/2020).

“Aksi dari kelompok ini memang sudah meresahkan warga, membuat masyarakat trauma sehingga mereka memilih mengungsi. Ini menandakan bahwa masyarakat tidak mendukung karena yang mereka lakukan adalah kejahatan,” katanya di Timika, Sabtu (7/1/2020).

Untuk itu kata Paulus, pihaknya akan menindak tegas Kelompok Kriminal Bersenjata di Tembagapura.

“Dengan masyarakat meninggalkan tempat tinggal mereka, maka otomatis tinggal mereka (KKB) saja, kita akan tindak tegas secepatnya. Kalau bisa hari ini juga akan kami tindak,” tegasnya.

Kapolda menambahkan, hingg Sabtu pagi, jumlah warga yang mengungsi sudah mencapai 900 orang lebih.

“Sampai pagi ini warga yang mengungsi mencapai 900 lebih orang, kemungkinan akan bertambah. Kita akan fasilitasi mereka agar sampai di Timika,” ujarnya. (gus/b1)

KKB Kelompok Kriminal Bersenjata Kapolda Papua