Kim Jong-un Diisukan Jatuh Sakit dan Koma

josstoday.com

Kim Jong-un

JOSSTODAY.COM - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un diisukan jatuh sakit dan dalam kondisi koma, serta negara itu sedang bersiap untuk pengalihan kekuasaan ke adik perempuannya.

Kim, diktator 36 tahun, yang jarang terlihat di publik tahun ini diterpa sejumlah rumor pada April bahwa dalam kondisi vegetatif setelah operasi jantung yang gagal.

Hal itu disampaikan Chang Song-min yaitu mantan ajudan dari mantan presiden Korea Selatan, Kim Dae-jung. Kim seharusnya tampil tiga hari lalu, Chang meyakini Korut telah menyembunyikan kebenaran tentang kondisi kesehatan Kim.

“Saya menilai dia sedang koma, tapi hidupnya belum berakhir,” kata Chang.

Menurutnya, Korut telah menyerahkan sejumlah kekuasaan Kim kepada adiknya, Kim Yo-jong (33).

“Struktur suksesi lengkap belum terbentuk, jadi Kim Yo-jong dikedepankan karena kekosongan (kekuasaan) yang tidak bisa dipertahankan untuk waktu yang lama,” tambah Chang.

Pekan ini, badan intelijen Korsel, Layanan Intelijen Nasional (NIS), melaporkan Kim secara bertahap akan menyerahkan kekuasaan kepada saudara perempuannya untuk meredakan stres, meskipun usia adiknya masih muda.

Namun, NIS menyatakan pemimpin otoriter itu masih akan mengerahkan kekuatan absolut dari balik layar sambil bersikeras bahwa langkah itu tidak terkait kesehatan Kim.

Gambar-gambar yang muncul hari Kamis (20/8/2020) memperlihatkan Kim menghadiri pertemuan pemerintah, namun media Inggris, Reuters, mengatakan foto itu tidak bisa diverifikasi secara independen karena dikeluarkan oleh negara yang tertutup.

Spekulasi muncul pada April bahwa Kim meninggal atau berada keadaan vegetatif (gangguan fungsi otak kronis), namun tak lama dibantah saat Kim muncul dalam pembukaan pabrik pupuk yang terletak 48 kilometer sebelah utara ibu kota Pyongyang. Terdapat pula laporan bahwa minimnya kehadiran Kim tahun ini untuk melindungi pemimpin itu dari wabah Covid-19.

Adik perempuan Kim disebut sebagai salah satu orang kepercayaannya dan menjadi dalang di balik pencitraan publiknya. Kim Yo-jong adalah lulusan Eropa seperti kakaknya, diyakini memiliki pendekatan agresif kepada Korsel.

Harian Korsel, Daily NK, melaporkan sumber-sumber di dalam Korut yang mengklaim bahwa dia saat ini berusaha mengamankan posisinya di dalam rezim dengan mengambil alih Selatan. (fa/b1)

 

Kim jong Un Korea Utara